Indosat Ooredoo Hutchison di 2023 Catatkan Total Pendapatan Capai Rp51,2 Triliun

JAKARTA, 7 FEBRUARI 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison, memiliki kinerja cemerlang dalam periode 12 bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023 lalu, mulai dari pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah Base Transceiver Station (BTS) 4G.

 

Bacaan Lainnya

Dalam konfrensi pers yang digelar secara onsite dan online, Indosat berhasil membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, atau meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Menurut President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, total pendapatan didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan.

Baca juga  Antisipati Lonjakan Trafik di Nataru Indosat Ooredoo Hutchison Tingkatkan Kapasitas Hingga 33 Persen

 

Dia kemudian mengurai, pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap. “Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023, tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini, menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia,” katanya.

 

Dia juga mengurai, peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Dimana, Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Baca juga  Laba AP I di Triwulan III 2023 Capai Rp802 Miliar

 

Sementara itu, dalam siaran persnya, diterangkan juga ditahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan. (graceywakary)

Pos terkait