Menilik Isi dari Ponsel Anyar POCO X5 5G

Tech Support POCO Indonesia Riza menunjukkan bagian inner frame dan main board serta baterai yang telah terpisah dalam pembongkaran POCO X5 5G dalam acara "Tear down POCO X5 5G" di Makna Coffee, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 14 MARET 2023 (ANTARA) – POCO Indonesia telah merilis ponsel anyar mereka yang terjangkau yakni POCO X5 5G dan berhasil menyabet perhatian pasar dengan beragam keunggulannya. Agar mampu menarik lebih banyak penggemar, kali ini POCO Indonesia mengadakan sesi “tear down” atau membongkar dan melihat langsung jeroan dari ponsel yang dibanderol Rp3 jutaan tersebut.

 

“Banyak pengguna dan reviewer yang bilang POCO X5 5G ini punya performa kenceng. Nah untuk membuktikannya kita akan memperlihatkan konfigurasi dari komponen-komponen penting dari POCO X5 5G ini,” ujar Product Marketing POCO Indonesia Jeksen di Jakarta, Senin. Bersama dengan Tech Support POCO Indonesia, Riza, proses membongkar komponen POCO X5 5G pun dimulai dari mencopot bagian cover atau penutup belakang dan “cover” kamera. Selanjutnya, setelah bagian penutup terluar terbuka, akan ada bagian bernama inner frame yang menjadi tempat untuk sensor NFC dan sensor-sensor cahaya.

 

Sensor NFC menjadi salah satu bagian penting di ponsel masa kini mengingat kegunaannya yang mampu mendukung kebutuhan finansial digital seperti mengisi uang elektronik ataupun mengecek saldo uang elektronik. Di bagian inner frame, komponen berupa sensor sidik jari juga terpasang yang menjadi salah satu fungsi penting untuk keamanan ponsel ketika digunakan. Memasuki komponen yang lebih dalam lagi, ada beragam komponen penting lainnya mulai dari kamera-kamera, hingga speaker.

Baca juga  Indodax: Dukungan Trump Terhadap Industri Kripto Sangat Berarti

 

Satu persatu kamera dilepaskan dari tempatnya, terdiri dari tiga kamera untuk bagian belakang yaitu kamera utama 48 MP, kamera depan 13 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Setelah komponen itu semua dilepaskan, maka komponen selanjutnya yang bisa ditemui ialah mainboard atau kita mengenalnya sebagai tempat dari dapur pacu. Bagian itu terdiri dari chipset Snapdragon 695 5G yang menjadi otak dan bintang dari kencangnya performa POCO X5 5G, RAM, memori internal, hingga sensor penerima audio.

 

Di dekat main board ada juga komponen penting lainnya berupa komponen pendingin yaitu berupa kertas tipis berwarna hitam bernama “graphite cooling”. Tidak hanya terlihat di dekat bagian main board, pendingin itu juga hadir di dekat baterai agar ketika digunakan pengguna tidak merasakan panas yang berlebihan dari ponsel. Bagian penting lainnya yang terlihat dalam proses membongkar jeroan POCO X5 5G ini ialah sensor getar-nya atau memiliki nama teknis “module vibrator”.

Baca juga  Prabowo Ucapkan Terima Kasih kepada Tim Kuasa Hukum Paslon 02

 

Selanjutnya proses membongkar jeroan ponsel ini berlanjut dengan mengeluarkan baterai 5000 mAh yang secara fisik paling besar namun dirancang dapat tetap terlihat ramping. Di dekat baterai, ada dua komponen penting yaitu kabel antena yang berguna untuk konektivitas dan juga pita fleksibel bernama “Main FPC” dengan fungsi mengkoneksikan kinerja komponen-komponen penting lainnya. “Antena kita sudah kompatibel dengan seluruh konektivitas 5G yang dimiliki seluruh operator seluler di Indonesia,” kata Jeksen ketika membahas urgensinya kabel antena untuk ponsel dalam hal ini POCO X5 5G.

 

Setelahnya semua komponen kecil terlepas, anda tiba di bagian akhir yang juga penting yaitu layar AMOLED LCD yang telah memiliki refresh rate 120 Hz. Dengan banyaknya komponen namun tetap terlihat ramping, POCO X5 5G dapat menjadi salah satu ponsel pintar yang layak untuk dibeli di 2023. Ponsel ini sudah ada di Indonesia dengan dua pilihan harga Rp3.499.000 untuk varian RAM 6GB dan ROM 128 GB, serta Rp3.999.000 untuk varian RAM 8GB dan ROM 256 GB.

Oleh : Livia Kristianti

Editor : Maria Rosari Dwi Putri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *