13 Rute Penerbangan Lion Air Group Dibatalkan Karena Abu Erupsi Gunung Ruang

Suasana dI apron Bandara Sam Ratulangi Manado, siang tadi.

MANADO, 18 APRIL 2024 – Lion Air Grup, yaitu Batik Air, Lion Air dan Wing Air, telah membatalkan 13 rute penerbangannya hari ini, terutama rute penerangan dari Manado dan menuju Manado.

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers yang diterima oleh MANADONES, disebutkan pembatalan sementara penerbangan ini karena dampak erupsi Gunung Ruang yang erupsi sejak 16 April lalu hingga hari ni. Ini juga berdasarkan  pemberitahuan resmi otoritas penerbangan sipil nomor NOTAM A1000/24 NOTAMR A0999/24 bahwa Bandar UdaraInternasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC) ditutup sementara pada Kamis (18/ 04) hingga pukul 23.59 WITA, dikarenakan dampak erupsi Gunung Ruang. “Berdasarkan pemberitahuan tersebut, sebagai langkah mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), maka penerbangan Lion Group dari dan menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi mengalami pembatalan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Group, Danang Mandala Prihantoro seperti dikutip dari siaran pers ini.

Baca juga  Danrem Wakhyono Paparkan Strategisnya Peran Korem 131 Santiago di Pasis Sesko TNI

 

Dijelaskan juga, beberapa rute nasional terdampak  erupsi ini seperti rute Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Sorong, Gorontalo, Kao, Labuha, Luwuk, Melonguane, Palu, Tahuna, dan Ternate. Lion Group telah menginformasikan kepada seluruh penumpang tentang pembatalan sementara penerbangan akibat erupsi Gunung Ruang. “Lion Group akan mengakomodasi apabila ada permintaan perubahan jadwal penerbangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi penumpang yang terdampak. Pembatalan sementara penerbangan dimaksud disebabkan oleh keadaan force majeure, peristiwa yang tidak dapat diprediksi atau dicegah diluar kemampuan perusahaan,” tutur Danang.

 

Ditambahkan juga, erupsi Gunung Ruang adalah peristiwa force majeure yang mengganggu operasional penerbangan LionGroup dari dan ke Manado. Operasional, dan layanan penerbangan Lion Group dari dan ke Manado akan beroperasi kembali setelah Bandar Udara Sam Ratulangi dinyatakan aman untuk penerbangan berdasarkan pemberitahuan resmi dari otoritas penerbanganseperti pengelola bandar udara, AirNav Indonesia, BMKG, dan pihak terkait lainnya, untuk memantau perkembangan situasi dan memberikan informasi terbaru kepada para penumpang. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *