Gunung Ruang Meletus Basarnas Manado Siagakan 24 Personilnya

Basarnas di dan tim SAR Gabungan melakukan rapat kemarin di area Kantor Camat Tagulandag.

MANADO, 18 APRL 2024 – Sebanyak 24 personil lengkap dengan alat, disiapkan oleh Basarnas Manado, dalam penanganan bencana letusan Gunung Ruang yang ada kepulauan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

 

Bacaan Lainnya

Tim Basarnas Manado bersama TNI POLRI, BPBD Sitaro, Tagana, Dinas Kesehatan Sitaro  dan potensi SAR lain nya, tergabung dalam Tim SAR gabungan Gunung Ruang, saat ini masih berjaga jaga untuk pengamanan apabila terjadi letusan susualan. Tim SAR gabungan, dalam siaran pers Basarnas Manado menghimbau seluruh masyarakat setempat yang masih beraktifitas di sekitar Gunung Ruang sejauh 5 Km, agar ditunda dulu sampai dinyatakan aman untuk beraktifitas. Saat ini,  Tim SAR gabungan sudah mendirikan posko di pendopo kantor camat induk Tagulandang. “Apabila ada aduan dari masyarakat yang terdampak belum di evakuasi, atau keluarga yang masih berkebun yang  belum balik bisa melapor di posko agar secepat nya di evakuasi. Karena  Tim SAR gabungan sudah di siagakan untuk pengamanan ini,” kata Kepala Basarnas manado Monce Brury.

Baca juga  BMKG Imbau Warga Talaud, Sangihe, dan Sitaro Potensi Gelombang Tinggi

 

Dia juga menyampaikan, penanganan kejadian bencana letusan gunung ini harus sigap dan tanggap. Saat ini, tim SAR gabungan sudah mengevakuasi masyrakat yang terdampak sebanyak 497 jiwa di tempat yang lebih aman. “Kami akan siagakan personil di Tagulandang sampai 7 hari kedepan sebanyak 24 personil dan apabila ada peningkatan yang lebih kami akan tambah personil untuk gerak cepat penanganan masyarakat yang terdampak sehingga kenyamanan dan keamanan masyarakat bisa di kondisikan dengan lebih baik,” jelasnya. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *