Dukung Peningkatan Masyarakat di Desa Wisata Minut PPK Ormawa HMA Fatek Unsrat Hadirkan Program Berkelajutan

Tim PPK Ormawa HMA Fatek Unsrat, melangsungkan kegiatan pembukaan sosialisasi untuk peningkatan kemampuan SDM masyarakat di desa wisata ini.

MANADO, 2 JULI 2024 – Kebijakan mendukung dan mendorong pembangunan daerah dan nasioal, membuat Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, hadir untuk melakukan kegiatan positif yang berkelanjutan.

 

Bacaan Lainnya

Kawasan yang dipilih, kali ini adalah salah satu area peyanggah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Desa Serawet Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Tidak tanggung tanggung, pada akhir pekan kemarin (28/6) lalu, Tim PPK Ormawa HMA Fatek Unsrat, melangsungkan kegiatan pembukaan sosialisasi untuk peningkatan kemampuan SDM masyarakat di desa wisata ini. Dekan Fatek Unsrat, Prof Dr Ir Fabian Manoppo MAgr yang hadir dalam sambutannya meminta agar tim PPK ORMAWA HMA Fatek Unsrat untuk mampu mengaplikasikan keilmuan yang didapat di desa ini. “Ini adalah bentuk dukungan kita, untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, seperti dalam teman kegiatan yang diangkat yaitu, Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Sarawet dalam Pelestarian Kawasan Hutan Mangrove,” kata Fabian.

Baca juga  Wakili Polimdo di NPEO Palembang Jocom dan Dalisang Raih Perak dan Perunggu

 

Dosen Pendamping Lapangan, Ingerid L Moniaga ST MSi program ini berfokus untuk memaksimalkan potensi wisata desa Sarawet, dengan diintegrasikan melalui upaya pelestarian hutan Mangrove. “Disini mahasiswa akan melakukan penguatan kapasitas masyarakat untuk menghadirkannya kawasan ini makin menarik, terutama kawasan wisata alamnya, area hutan Mangrove,” jelasnya. Kegiatan ini juga mendapaat sambutan positif dari pemerintah kabupaten Minut, Kepala Desa Sarawet bersama warga setempat menunjukkan antusiasnya dalam menopang program ini.  Pada kegiatan ini juga dilakukan penananman pohon bakau secara bersama untuk menjaga kelesatarian hutan mangrove. “Program yang kami laksanakan bukan hanya berakhir ketika kegiatannya selesai, tetapi tetap berlanjut terus dan berkembang hingga mencapai sasaran dari desa wisata berkembang menjadi desa Sarawet, desa wisata yang maju,” tambah Ketua Tim PPK Ormawa Fatek Unsrat, Clifford.

Baca juga  Penilaian AUN – QA Jadikan Unsrat ke Universitas yang Berdaya Saing Internasional

 

Acara  ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Minut Fredrik F Tulengkey, Kadis PUPR Minut Ir Noldy Kilapong, Camat Likupang Timur Delby Wahiu, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fatek Unsrat Dr Eng Ir Markus Umboh ST MT, dan Tim Kemahasiswaan Fatek Unsrat Dr Ir Josephine Pinky Saerang MP, Tim Pokja PPK Ormawa, Deputi Wakil Dekan 2 Fatek Unsat Ir Agnes Mandagi MT, Ketua Jurusan Arsitektur Fatek Unsrat, Octavianus O Rogi ST MSi, Sektretaris Jurusan Arsitektur Fatek Unsrat Ar Frits OP Siregar ST MSc IAI, Ketua Ormawa HMA Fatek Unsrat Andreas Sutrisno serta para dosen, mahasiswa dan warga Desa Sarawet. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *