Paat Jelaskan Laporkan Jokowi Cs ke KPK Bentuk Pembelajaran Hukum ke Masyarakat

Erick Samuel Paat.

MANADO, 25 OKTOBER 2023 – Erick Samuel Paat, menjelaskan dirinya selaku Koordinator Kordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), melaporkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangareb, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (23/10) punya dasar jelas.

 

Bacaan Lainnya

Secara eksklusif, Advokat senior sekaligus pemilik kantor hukum Erick Samuel Paat yang beralamatkan di Jakarta Pusat ini menyebut, aksi dugaan Presiden Jokowi dan Usman Cs ini, menyalahi kaidah hukum yang sudah ada. Karena sangat jelas terlihat saat putusan Usman belum lama ini, yang diduga menguntungkan para pihak diatas untuk memuluskan pencolonan kolega terlapor sebagai calon wakil presiden dan presiden di pesta demokrasi mendatang.

Baca juga  Ini Dia Nama 18 Atlet Sepakbola Kabupaten Sangihe KU-17 untuk Soekarno Cup 2023

 

Selain itu, putra Kaima kelahiran Banjarmasin ini mengungkapkan pelaporan ke KPK, bernomor informasi 2023 – A—04294 pada para pejabat penting tersebut agar masyarakat juga memiliki dasar. “Ini jadi pembelajaran hukum ke masyarakat, bahwa masyarakat umum juga bisa melakukan pelaporan dan pejabat siapapun dia bisa dilaporkan ke pihak aparat hukum, jika menyalahi kewenangan dan kebijakannya sebagai pejabat publik,” tutur Paat melalui sambungan selular. Tidak hanya itu, jebolan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI), juga menyebut langkah TPDI berdasarkan kajian dan dasar hukum.

 

Disinggung tentang adanya aksi balasan oknum oknum tertentu, dia hanya tertawa dan mengungkapkan kesiapannya. “Saya sudah sering mengalami hal hal seperti pengancaman dan sebagainya. Tapi itu resiko dan hal yang biasa. Kami tak gentar, masyarakat harus paham bahwa dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme bisa dilapor ke KPK,” tegasnya. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *