Konsorsium PTV Sulut Bidik KEK dan KI untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah

Ketua tim Peluncuran dan Diskusi, Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah Provinsi Sulut,Stevie Kaligis SE Ak MM CA, saat memberikan laporan kegiatan.

MANADO, 6 NOVEMBER 2023 – Sulawesi utara (Sulut), memiliki beragam potensi yang bisa terus dikembangkan, untuk itu dua kawasan ekonomi menjadi salah satu area yang akan terus dikembangkan melalui berbagai program kolaborasi.

 

Bacaan Lainnya

Ini dilaporkan langsung oleh Stevie Kaligis SE Ak MM CA, selaku  Ketua tim Peluncuran dan Diskusi, Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah Provinsi Sulut, yang digelar pagi tadi di Hotel Sentra Manado, Minahasa Utara (Minut). Kaligis menjelaskan program ini merupakan grand design riset pengembangan inovasi di Sulut  dalam kurun waktu tiga tahun kedepan, dengan mengacu pada potensi daerah, keunggulan daerah, serta agenda prioritas pembangunan daerah. “Dan ini bertujuan untuk mensinergikan kemitraan dan penyelarasan antara satuan pendidikan vokasi dan pemangku kepentingan di daerah, baik pemerintah daerah dan dunia usaha dan dunia industri atau DUDI,” kata Kaligis saat memberikan laporan kegiatan yang digagas oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi (KPTV) Sulut, yang beranggotakan Polimdo, Politeknik Nusa Utara (Polnustar) dan Akademi Komunitas Mapanawang Manado

Baca juga  Direktur Polimdo dan Wali Kota Bitung Resmi Tandatangani MoU untuk Peningkatan SDM

 

Dia juga menyebut, kegiatan sehari ini akan menghasilkan dokumen, atau naskah kebijakan atau policy brief, yang berisi perencanaan tenaga kerja atau workforce planning dan inovasi perencanaan atau innovation planning guna menghasilkan klaster inovasi berbasis potensi atau kebutuhan daerah, kemudian menghasilkan inovasi yang dibutuhkan bagi pengembangan sektor prioritas daerah.

 

Tidak hanya itu, Kaligis yang dikenal sebagai Kordinator humas Politeknik Negeri Manado (Polimdo), menyebut melalui program ini, mereka siap berkontribusi terhadap pengembangan antara lain kawasan ekonomi khusus (KEK), kawasan industri (KI), destinasi super prioritas, proyek strategis nasional, dan dinamika pembangunan ekonomi di masing-masing daerah. “Program ini dibiayai penuh oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP), melalui proposal yang di ajukan oleh Konsorsium PTV Sulut,” terangnya.

Baca juga  Korseni Ramaikan HUT ke—14 IKA Polimdo

 

Terlihat hadir Kepala Dinas Pendidikan Sulut Dr Femmy J Suluh MSi yang mewakili Gubernur Sulut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staff Presiden Alan Koropitan PhD, dan Kepala Divisi Kerjasama dan Pengembangan Layanan Pendanaan Riset LPDP Dhani Setyawan SE MPP PhD, serta Plt Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbudristek Uuf Brajawidagda ST MT PhD, Kasubdit Pendidikan Ditjen Bangda Kemendagri Suharyanto SP MT, Asisten Deputi Pendidikan Vokasi dan  Pendidikan Tinggi Kemenko PMK Dr Ahmad Saufi  SSi MSc yang hadir secara hybrid. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *