Jangan Lupa Rawat Kampas Rem Motor

Jaga kebersihan kampas rem dan rutinlah melakukan perawatan

MANADO, 16 NOVEMBER 2023 – Motor, kini menjadi kendaraan yang paling antimacet, dan menjadi pilihan utama untuk bisa beraktivitas harian, namun si roda dua ini amat rawan dengan kecelakaan.

 

Bacaan Lainnya

Pasalnya, motor yang minim perawatan maka beberapa fungsi utamanya akan kendor dan membuat penggunannya kecelakaan. Rem adalah salah satu komponen penting pada motor, sekaligu berfungsi untuk mengurangi dan menghentikan putaran roda sehingga laju sepeda motor dapat kurangi dan dihentikan. Jika fungsi rem ini tidak baik maka ini akan menjadi penyebab terjadinya. Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan rem. Dilansir dari laman astra-honda berikut tips merawat kampas rem agar fungsi rem tetap bekerja secara optimal.

Baca juga  Honda CBR150R Tampil Makin Sporty dan Nyaman

 

Pertama, jaga kebersihan kampas rem, dengan rutin untuk memberihkan kampas rem dari kotoran dan debu untuk menyngkirkan debu dan kotoran, gunakanlah . sikat berbulu halus atau kompresor udara. Kedua, periksa ketebalan kampas secara berkala, jika ketebalan sudah mencapai batas minimum yang dianjurkan gantilah kampas rem dengan yang baru. Ketiga, jaga suhu rem stabil hindari pengereman berlebihan, dan periksalah selalu kondisi minyak rem pada tabung reservoir untuk mempertahankan kestabilan suhu yang ditimbulkan akibat gesekan kampas dengan cakram dan menjaga kinerja rem tetap optimal.

 

Keempat, gunakan kanvas rem berkualitas agar berkinerja baik dan lebih cepat aus. Kelima, ikuti jadwal perawatan, mencakup pemeriksaan rutin kampas rem, penggantian saat diperlukan, dan pemeriksaan sistem pengereman secara menyeluruh. Keenam, perhatikan suara dan getaran,jika terdengar suara-suara aneh atau merasakan getaran saat melakukan pengereman, itu bisa menjadi tanda adanya gangguan pada sistem rem, segera lakukan pemeriksaan dan atasi masalah tersebut.

Baca juga  New Honda ADV 160 Resmi Hadir di Sulutgomalut

 

Menurut Ridwan Suwandie, Technical Service Dept Head PT DAW, penting untuk merawat kampas rem dengan baik untuk menjaga keselamatan berkendara. Jangan mengabaikan tanda-tanda masalah dan selalu melakukan perawatan preventif yang diperlukan. “Untuk memastikan pemeriksaan dan perawatan yang maksimal, bawalah sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat”, ujar Ridwan. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *