Kelompok Nelayan Tunas Muda dan IPNLF Indonesia Kolaborasi Bersihkan Sampah Plastik di Laut

Bersih-bersih sampah plastik, yang dilakukan oleh Kelompok Nelayan Tunas Muda Bitung dan Yayasan IPNLF Indonesia kemarin pagi di Bitung.

BITUNG, 19 NOVEMBER 2023 – Sebanyak 22 nelayan, yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Tunas Muda Bitung bersama Yayasan The International Pole and Line Foundation (IPNLF) Indonesia, menggelar kegiatan bersih bersih sampah plastik, Sabtu (19/11) kemarin.

 

Bacaan Lainnya

Kegiatan lingkungan ini, dilakukan disepanjang di area laut depan kawasan Pelabuhan Perikani Bitung. “Ini kami lakukan berkelanjutan, juga serangkaian dengan Hari Perikanan pada 21 November mendatang. Sebagai nelayan, sampah plastik di laut sangat menggangu usaha kami. Kami banyak menemukan ikan yang kami tangkap ternyata tidak sehat, karena ada plastiknya. Selain tangkapan yang semakin berkurang,” kata Wandi Maili, salah satu nahkoda kapal yang menjadi anggota kelompok ini pada MANADONES.

Baca juga  Dokter: Pemeriksaan Tekanan Darah Berkala Penting Cegah Hipertensi

 

Diakuinya, aksi bersih bersih kawasan perairan dan laut ini, kurang mendapatkan respon positif dari nelayan lainya di Bitung. “Namun saya yakin, nantinya mereka akan terlibat dalam aksi nyata lawan sampah plastic, karena laut bukan tempat sampah,” tegasnya. Sementara itu, IPNLF Indonesia mengurai, kegiatan bersih bersih ini akan menjadi agenda tetap untuk menggungah masyarakat dan para nelayan menjadikan laut bukan sebagai tempat sampah. “Laut adalah sumber kehidupan, dan saat ini laut kita makin tercemari. Kami berharap kolaborasi ini, akan terus berlanjut,” ungkap Kordinator IPNLF Indonesia di Bitung, Azizah Charir. Dia juga menyebut, program kolaborasi mereka, juga mengedukasi para nelayan tentang fair trade dan keselamatan mereka.

Baca juga  Ardiles Ingatkan lagi Tugas Pokok Bawaslu Linu Tegaskan Indeks Kerawanan

 

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini berhasil mengangkut 27 kg sampah yang terdiri dari plastik, sterafoam  kayu dan kain yang ada di dalam laut dan permukaan di area tersibuk di Kota Bitung ini.(graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *