Indosat Ooredoo Hutchison dan BDx Indonesia Capai Kesepakatan untuk Akselerasi Masa Depan Digital Indonesia

IOH dan BDx : Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison (tengah), Mayank Srivastava, Chief Executive Officer BDx (kiri) dan Harsh Agrawal, Senior Partner I Squared Capital (kanan) saat menghadiri Closing Ceremony yang diadakan di Jakarta, Selasa (09/01).

JAKARTA, 10 JANUARI 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), mengumumkan BDx Indonesia, perusahaan patungan Indosat, BDx Data Centers (BDx), dan Lintasarta, telah setuju untuk mengakuisisi portofolio carrier-neutral colocation dan edge sites di kota-kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Batam, Medan, Makassar, Bandung, dan Semarang, malam kemarin (10/1).

 

Bacaan Lainnya

Akuisisi ini, termasuk pada 10 lokasi strategis yang terhubung ke enam kabel laut dalam negeri dan lima kabel laut internasional. Tidak tanggung tanggung nilai transaksi ini mencapai Rp2,625 triliun. Dalam siaran pers yang diterima MANADONES, ditegaskan portofolio baru ini akan menambah ekosistem terhubung yang sedang dibangun oleh BDx Indonesia. Ekosistem di sepanjang jaringan pusat data BDx Indonesia akan terhubuung dengan beberapa penyedia cloud, Jaringan Pengiriman Konten (Content Delivery Network), dan perusahaan finansial digital melalui Internet Exchange/IX, jalur cloud, dan private interconnects yang melibatkan beberapa penyedia telekomunikasi, dalam menyediakan akses digital ke seluruh Indonesia. Hal ini akan juga dapat mempercepat transformasi digital dan meningkatkan pengalaman digital pelaku usaha, perusahaan teknologi, dan pengguna internet secara signifikan.

Baca juga  Indosat Rilis Film Pendek Jaga Raya Untuk Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

 

Diterangkan, BDx Indonesia telah memperluas dan meningkatkan empat pusat data di Jakarta dan Jawa Barat yang dipindahkan pada tahun 2022, dengan satu lokasi siap menampung beban kerja artificial intelligence yang berkepadatan tinggi. Site ini didukung oleh pembangkit listrik tenaga air yang juga dilengkapi dengan teknologi pendinginan cair. Sebagian besar lokasi memiliki potensi ekspansi yang signifikan, baik pada bangunan maupun lahan. Investasi substantial yang dilakukan BDx Indonesia ini merupakan respons terhadap kebutuhan pelanggan khususnya dalam memenuhi beban kerja hybrid yang terdapat di berbagai kota penting di Indonesia. Penguatan infrastruktur lokal ini merupakan upaya BDx Indonesia dalam menciptakan lapangan pekerjaan, memberikan edukasi kepada masyarakat setempat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital, khususnya di area pedesaan di mana digitalisasi dapat mendatangkan inklusi keuangan dan kesejahteraan.

 

President Director and Chief Executive Officer IOH, Vikram Sinha, mengungkapkan capaian ini dapat berperan dalam membentuk masa depan digital Indonesia lewat kolaborasi. “Transaksi ini menegaskan dedikasi kami untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan mendorong evolusi Indosat dari Telco menjadi TechCo. Berkolaborasi dengan BDx Indonesia tidak hanya meningkatkan layanan pelanggan kami tetapi juga memperkuat komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Lebih lanjut, dengan menyelaraskan tujuan besar kami menjadikan Indosat dan BDx Indonesia berkontribusi dalam peningkatan lanskap teknologi bangsa ini,” jelasnya. Indosat, tutur Vikram sedang melanjutkan perjalanan transformasinya yang berpusat pada teknolonogi, menegaskan komitmennya menciptakan solusi dan inovasi berkelanjutan melampaui layanan telekomunikasi konvensional.

Baca juga  Batik Air Terbang lagi dari Bali ke Melbourne

 

Chief Executive Officer BDx, Mayank Srivastava, ikut mengungkap akuisisi ini bukti komitmen BDx Indonesia terhadap masa depan digital Indonesia. Tak hanya itu, kolaborasi ini merupakan bentuk nyata kemampuan teknis dan operasional BDx yang memberikan keyakinan pada mitra mereka. “Kami adalah penyedia pusat data carrier-neutral terkemuka. Dengan perluasan portfolio ini, kami siap menjadi mitra pilihan untuk digitalisasi di Indonesia,” tegasnya, sambil menambahkan kolaborasi bersama Indosat ini, memiliki tujuan yang lebih besar yaitu untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap warga Indonesia. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *