Mahasiswa Indonesia Juarai Olimpiade Sains di Kazakhstan

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 29 APRIL 2024 (ANTARA) – Ernest Regia Achmad Chandra, mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Suleyman Demirel University di Kota Almaty, Kazakhstan, berhasil menjuarai Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16 yang berlangsung pada 25-26 April.

 

“Alhamdulillah, saya mendapat juara 1 individual dan juara 1 tim kampus di acara XVI Республикалық Студенттік Пәндік Олимпиада/Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16,” kata Ernest, seperti dikutip dalam pernyataan pers KBRI Astana yang diterima di Jakarta, Senin. Dalam acara yang diikuti sekitar 48 peserta dari berbagai universitas di Kazakhstan tersebut, Ernest menjadi satu-satunya partisipan non-Kazakhstan. “Semua peserta berasal dari Kazakhstan, kecuali saya”, katanya.

Baca juga  Bunaken dan Bangka jadi Andalan Manado Scuba Jamu Wisatawan Korsel

 

Universitas Buketov Karaganda di Kazakhstan  menjadi tuan rumah Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16. Olimpiade itu menjadi ajang unik karena setiap universitas wajib mengirimkan tiga perwakilan terbaik mereka. Para mahasiswa dari 16 universitas di Kazakhstan itu bersaing untuk menyelesaikan soal matematika seperti kalkulus, linear dan aljabar, menurut pernyataan. Usai rangkaian Olimpiade, para peserta juga diajak menjelajahi Museum Karlag yang terletak di pinggiran Kota Karaganda untuk melihat bekas penjajahan di bawah Rezim Stalin (Soviet).

Pewarta : Asri Mayang Sari

Editor : Tia Mutiasari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *