Inggris Secara Dramatis ke Perempat Final Usai Kalahkan Slowakia 2-1

Selebrasi Harry Kane (tengah) setelah mencetak gol kemenangan untuk Timnas Inggris atas Slowakia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2024 di Veltins Arena, Gelsenkirchen pada Senin (01/7/2024). ANTARA/Dok-UEFA

 

 

 

 

 

JAKARTA, 1 JULI 2024 (ANTARA) – Timnas Inggris secara dramatis melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2024 setelah menyingkirkan Slowakia dengan skor 2-1 dalam laga babak 16 besar di Veltins Arena, Gelsenkirchen, yang berakhir pada Senin dini hari WIB.

 

Slowakia sempat unggul lebih dulu melalui gol Ivan Schranz di babak pertama. Jude Bellingham menyamakan kedudukan di babak kedua sebelum Harry Kane membawa Inggris balik menang di perpanjang waktu. Di perempatan final, Inggris sudah ditunggu oleh Swiss yang memulangkan Italia dengan skor 2-0. Laga antara Swiss vs Inggris dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (06/7) pukul 23.00 WIB.

 

Jalannya pertandingan

Slowakia tidak gentar dan bermain terbuka meski melawan Inggris yang bertabur bintang. Pada menit ke-4, David Strelec memberikan ancaman ke gawang Three Lions. Namun, upayanya tersebut masih melebar dari sasaran. Inggris sendiri tidak memperlihatkan permainan yang baik, bahkan kalah dalam penguasaan bola dari Slowakia. Pada menit ke-20, Inggris sempat mengancam gawang Slowakia lewat Harry Kane dan Mainoo. Sayang upaya keduanya masih belum mengancam gawang yang dikawal oleh Martin Dubravka. Slowakia berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25 berkat gol Ivan Schranz. Gol ini bermula dari umpan jauh Denis Vavro di daerah pertahanan Slowakia, yang kemudian disundul oleh Juraj Kucka ke arah David Strelec. Strelec yang melihat pergerakan Schranz menuju kotak penalti langsung mengirimkan umpan ke arah Schranz. Umpan tersebut membuat Schranz berhadapan satu lawan satu dengan kiper Jordan Pickford.

Baca juga  Pertumbuhan Cemerlang di Kuartal I 2024 Indosat Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI

 

Schranz kemudian melepaskan tembakan mendatar yang tidak bisa dihentikan Pickford dan masuk ke gawang. Inggris 0-1 Slowakia. Setelah kebobolan, Inggris berusaha memberikan tekanan ke area lawan. Namun, permainan kompak dan terorganisir Slowakia membuat Inggris kesulitan. Inggris gagal menyamakan kedudukan hingga babak pertama berakhir. Slowakia unggul 1-0. Tertinggal 0-1 di babak pertama, Inggris langsung tampil lebih agresif di babak kedua. Pada menit ke-50, Phil Foden mampu mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Kieran Trippier. Namun, gol tersebut dianulir karena Phil Foden berada dalam posisi offside. Inggris menampilkan permainan yang jauh lebih baik di babak kedua dan terus menekan pertahanan Slowakia. Gareth Southgate juga memutuskan memasukkan Cole Palmer untuk menggantikan Kieran Trippier pada menit ke-66. Pada menit ke-81, Declan Rice nyaris menyamakan kedudukan andai tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak membentur tiang gawang.

 

Kemenangan Slowakia di depan mata harus sirna setelah Inggris menyamakan kedudukan di masa injury time. Jude Bellingham berhasil mencetak gol lewat tendangan salto yang indah di kotak penalti. Skor berubah jadi 1-1 dan pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Inggris langsung membalikkan keadaan saat extra time baru berjalan satu menit atau menit ke-91. Berawal dari kemelut di kotak penalti Slowakia, bola berhasil disundul Kane masuk ke gawang. Inggris 2-1 Slowakia. Slowakia mencoba menyamakan kedudukan di sisa waktu pertandingan, tetapi Inggris bisa mempertahankan keunggulan mereka di babak pertama waktu tambahan. Usai rehat, Slowakia terus menebar ancaman ke pertahanan Inggris. Sayangnya upaya mereka gagal membuahkan hasil. Inggris secara dramatis menang 2-1 atas Slowakia.

Baca juga  Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Saudaraku

 

Susunan pemain

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi, Kieran Trippier (Cole Palmer 66′); Kobbie Mainoo (Eberechi Eze 84′), Declan Rice; Bukayo Saka, Jude Bellingham (Ezri Konsa 106′), Phil Foden (Ivan Toney 90+4′); Harry Kane (Conor Gallagher 106′)

 

Slowakia (4-3-3): Martin Dubravka; Peter Pekanik (Lubomir Tupta 109′), Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko; Juraj Kucka (Matus Bero 81′), Stanislav Lobotka, Ondrej Duda (Laszlo Benes 81′); Ivan Schranz (Nortbert Gyomber 90+3′), David Strelec (Robert Bozenik 61′), Lukas Haraslin (Tomas Suslov 61′)

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan

Editor : Rahmad Nasution

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *