JAKARTA – Google hari ini mengumumkan 10 iklan YouTube terpopuler untuk semester pertama tahun 2020.
Menurut Creative lead Google Indonesia, Ishak Reza dalam rilis yang dikirim pada Manadones sore tadi, iklan terpopuler ini dalam waktu tiga hingga lima detik dan sangat kreatif. “20 tahun lalu, dibutuhkan waktu 12 detik untuk kita bisa memperhatikan dan memilih apa yang ingin kita tonton. Tapi sekarang beda. Oleh karena itu, hal terpenting dari video iklan kreatif masa kini adalah bagaimana visual dan audio di tiga detik pertama dapat menghentikan penonton menekan tombol skip.” katanya sambil menyebut tiga tips agar iklan bisa mencuri perhatian orang dalam tiga detik pertama yaitu ekspresi dari jarak dekat (close-up), visual yang tidak biasa (misalnya: kucing yang bisa ngobrol, nyamuk raksasa), dan musik upbeat atau audio unik.
Berikut iklan terpopuler di Youtube yang dirilis oleh google:
LINK IKLAN MEREK DURASI
Lazada Birthday Sale (27 Maret) Lazada Indonesia 0:15
Shopee Big Ramadhan Sale SHOPEE Indonesia 0:30
#XperienceMore Traveloka 0:42
imoo Watch Phone Z6 imoo Indonesia Official 0:50
This is #BintangSMA 2019 Winner! PocariID 1:00
Cerita Rasa Teh Kotak Teh Kotak 1:00
New Astra Daihatsu Ayla dan Sirion Daihatsu Sahabatku 1:25
P&G #MaafIbuDiHidupku |#DiRumahAja Pantene Indonesia 2:16
Emina Beauty Bestie Webseries – Episode 1 Emina Cosmetics 7:35
Rumah Biru The Series|Episode 1 : “Buddy” Solusi BCA 11:41
“Di Traveloka Xperience, kami percaya bahwa pengalaman (experience) adalah momen yang berharga dalam hidup manusia. Oleh karena itu, kami senantiasa berupaya untuk memberikan inspirasi dan solusi untuk menemukan ribuan pengalaman seru yang dapat dipesan dengan mudah dan nyaman hanya melalui satu aplikasi, yaitu Traveloka. Komitmen Traveloka dalam memperkaya pengalaman pengguna ini kemudian bersinergi dengan pengembangan ide kreatif berbasis data yang mengedepankan konsep kearifan lokal dan kolaborasi tim yang menyeluruh sehingga membuahkan hasil karya terbaik berupa iklan #XperienceMore with Traveloka Xperience,” ucap Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience.
“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Youtube. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa iklan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion berhasil menarik perhatian dan mendapat respon positif dari penonton YouTube, khususnya kaum milenial. Iklan ini hadir sebagai wujud ide kami yang ingin memberikan informasi menarik, unik, dan sebagai program Daihatsu untuk semakin dekat dengan pelanggan milenial,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor. (vero)





