GM CS Telkomsel Region Sulawesi Imbau Pelanggan WaspadaI Aksi Phissing

GM CS Telkomsel Region Sulawesi Andri Kurniawan yang menjelaskan modus phissing yang kini marak terjadi.

MAKASSAR, 16 MARET 2023 – Pelanggan Telkomsel, wajib waspada dengan maraknya modus penipuan berkedok hadiah atau meminta pulsa lewat aplikasi chatting di ponsel seperti di WhatsApp, Telegram, LINE, SMS, dan sebagainya.

 

Bacaan Lainnya

Ini, dikatakan oleh General Manager (GM) Consumer Sales (CS) Telkomsel Region Sulawesi Andri Kurniawan dalam siaran pers Telkomsel pada MANADONES pagi tadi. Dimana kini ada modus penipuan dengan metode yang cukup baru, yaitu oknum penipu  mengirimkan tautan atau link hadiah kepada korban melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, LINE, SMS, tautan tersebut di buka maka akan mengarah ke situs website palsu. “Dan saat kita klik tersebutlah data pribadi kita bisa diambil oleh si pelaku dan yang paling parah, uang di dalam rekening bisa dikuras oleh si pelaku. Hal ini yang tidak diinginkan terjadi di pelanggan, untuk itu kami berharap pelanggan Telkomsel selalu waspada,” ujarnya.

Baca juga  PKT Tingkatkan Hasil Padi Sidrap Capai 8,5 Ton per Ha dengan Program Makmur

 

Dia kemudian menyebut modus penipuan tersebut dinamakan phising, yang merupakan salah satu jenis kejahatan online. Pelaku bertujuan untuk mendapatkan informasi data pribadi seperti nama, usia, alamat, akun, password, hingga data perbankan. Data pribadi ini nanti bisa disalahgunakan oleh si pelaku atau dijual ke pihak lain untuk tindakan yang tidak bertanggung jawab.

 

“Untuk itu kami menghimbau pelanggan untuk senantiasa waspada, cek kembali validitas sumber informasinya dan jangan asal klik link yang tidak jelas atau unduh sembarang aplikasi yang tidak terpercaya,” lanjutnya. Dia juga meminta, agar pelanggan jangan pernah membagikan kode password sekali pakai (OTP), PIN, atau Magic Link kepada pihak yang tidak dikenal, karena  semua sifatnya rahasia,dimana hanya pelanggan itu sendiri saja yang boleh mengetahuinya.

Baca juga  Indosat Business Hadirkan Solusi IoT untuk Dukung Konservasi Mangrove di Indonesia

 

Telkomsel tidak pernah memungut biaya apa pun kepada pelanggan yang berhak mendapatkan hadiah secara resmi. Baik itu untuk pembayaran pajak hadiah, biaya administrasi, atau biaya lainnya. Pelanggan dapat melaporkan indikasi adanya penipuan melalui layanan pengaduan secara gratis dengan cara ketik PENIPUAN#Nomor HP Penipu#Isi SMS Penipuan dan kirim melalui SMS ke 1166.

 

“Jika pelanggan menerima informasi mengenai pemenang program yang diselenggarakan oleh Telkomsel, dapat melakukan konfirmasi langsung ke layanan Call Center 188 atau dapat mengunjungi kantor layanan GraPARI terdekat untuk mencegah terjadinya penipuan. Jangan mudah percaya untuk untuk memberikan uang kepada pihak yang mengatasnamakan Telkomsel dengan iming-iming hadiah atau alasan apapun,” pungkas Andri. (graceywakary)

 

Yuk! baca berita menarik lainnya dari Manadones di saluran WHATSAPP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *