Tamuntuan Serahkan Bantuan ke Sembilan Anggota Keluarga Terdampak Bencana

TAHUNA, 16 MARET 2023 – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menyerahkan bantuan kepada sembilan anggota keluarga yang terdampak bencana alam gelombang pasang, di Kampung Nanedakele Kecamatan Nusa Tabukan, siang tadi

 

Bacaan Lainnya

Bantuan yang diserahkan berupa sembako, kursi roda, terpal, matras, selimut, dan geobag. Dalam sambutannya Pj Bupati menyampaikan, bencana sama sekali tidak diinginkan terjadi, namun kalau sudah terjadi  pemerintah wajib hadir. “Sesuai dengan laporan yang kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi yang langsung ditindaklanjuti, sehingga pada saat ini dapat diberikan bantuan dari Pemerintah Pusat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” Ungkap Tamuntuan.

 

Dia juga menambahkan, untuk masyarakat yang belum mempunyai BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan khusus perangkat kampung, untuk segera membuat karena sangat membantu bagi kita semua. Terlebih hadirnya BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan akan membantu jika ada keluarga yang ditinggalkan karena kecelakaan, sama halnya dengan kegunaan dari BPJS Kesehata. “Apalagi, pemerintah juga menyiapkan anggaran untuk peserta BPJS yang dulu mandiri, kalau sudah tidak sanggup untuk membayar cicilan tentunya bisa dianggarkan lewat tanggungan dari pemerintah,” ujar Bupati Perempuan Pertama di Sangihe, sembari mengakui dirinya juga telah berupaya ke Kementerian Sosial agar anggaran untuk BPJS Kesehatan ini bisa lewat Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) segera  di proses.

Baca juga  PJ Bupati Tamuntuan Sebut Hutang PEN jadi Salah Satu Kendala di APBD 2023

 

Selain itu, Tamuntuan menghimbau kepada semua Kapitalaung jika terjadi bencana alam, langsung segera mendata keluarga yang terkena dampak bencana, agar pemberian bantuan tepat sasaran. “Karena ada program pemerintah pusat yaitu rumah sederhana terpadu untuk korban bencana alam yang mengalami kerusakan parah. Dan semua ini tinggal tunggu berproses,” ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wandu Labesi dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan penyerahan kepada sembilan anggota keluarga yang terkena dampak bencana alam yang terjadi pada 11 Januari 2023 ini lewat perjuangan ibu Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat. “Dengan anggaran Rp250 juta untuk logistik, dan Rp500 juta biaya operasional pemulihan tanggap darurat. Saat ini dari dana Rp250 juta yang pengadaannya langsung dri BPBD ini akan diserahkan kepada warga penerima bantuan, jadi sungguh luar biasa untuk perjuangan dari Ibu Pj Bupati,” ungkap Labesi.

Baca juga  Pj Bupati Kepulauan Sangihe Peroleh Nilai Plus dari Tim Evaluator

 

Dia juga berharap agar seluruh masyarakat dapat mendukung perjuangan pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dalam menyelesaikan berbagai persoalan termasuk kondisi pada saat terjadi bencana alam di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

Ditempat yang sama juga camat Nusa Tabukan Deny Abram menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan, ditengah jadwal yang padat masih berkenan hadir dalam rangka penyerahan bantuan bersama BPBD. Turuh hadir dalam kegiatan Anggota DPRD Deny Roy Tampi, Kapitalaung Husen Mahengkeng, Sekretaris kampung Nehemia Lalo, Babinsa Nanedakele Serma Elvis Maradung, dan para staff khusus.  (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *