Tips Hemat BBM dengan ECO Riding dari AHM

MANADO, 16 MARET 2023 – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, maka penghematan juga wajib dilakukan untuk para pemilik kendaraan.

 

Bacaan Lainnya

Untuk itu ada tips menarik dari PT Astra Honda Motor (AHM), dengan teknik berkendara Eco Riding. Eco Riding, seperti dikutip MANADONES dalam siaran pers AHM melalui main dealer Honda di Sulutgomalut, PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) disebukan sebagai cara berkendara yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien. Penerapan teknik Eco Riding juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang (CO2) dimana selama ini kendaraan bermotor jadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar.

 

Menariknya, teknik ini menggabungkan aspek keahlian berkendara yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor yaitu Defensive Riding yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Riding yang mengutamakan teknik berkendara aman dan selalu berfikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada. Kini, pengendara sepeda motor akan sangat dimudahkan untuk melakukan penghematan bbm dengan menerapkan teknik Eco Riding karena adanya fitur Eco Riding Indicator pada panel meter.

Baca juga  Model Mobil Listrik di KTT G20

 

Memanfaatkan Fitur Eco Indicator

– Putarlah slongsong gas secara perlahan saat akan memulai perjalanan. Memulai perjalanan dengan akselerasi tinggi dengan memutar gas secara tiba-tiba hanya akan membuat konsumsi bahan bakar berlebih.

– Jaga putaran mesin pada rpm optimal dan jangan bebani mesin sepeda motor bekerja pada rpm tinggi sehingga pemakaian bbm jadi lebih optimal.

– Bekendaralah dengan kecepatan konstan. Perhatikan nyala lampu eco riding indicator untuk menemukan kecepatan dan putaran mesin ideal sehingga konsumsi bbm jadi lebih efisien. Jika lampu menyala semakin terang maka pemakaian BBM semakin irit.

– Jaga jarak aman dengan pengendara di depan untuk menghindari terjadinya pengereman mendadak atau tabrakan.

Baca juga  Toyota Bukukan Penjualan 56 Ribu unit di dua bulan pertama 2023

Selain pemanfaatan fitur Eco Riding Indicator, penghematan konsumsi bbm juga bisa dilakukan melakukan beberapa langkah lain, diantaranya Servis secara berkala dan tidak memodifikasi berlebihan, jangan lupa untuk selalu utamakan keselamatan berkendara dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang dianjurkan, selalu waspada serta konsentrasi saat berkendara.

 

Ridwan Suwandie, Technical Service Dept Head PT DAW mengatakan jangan lupa untuk memercayakan perawatan sepeda motor Honda di AHASS dan untuk meningkatkan kenyamanan Anda, AHASS menyediakan Layanan Booking Service dan Servis Kunjung. Semuanya bisa diakses melalui aplikasi DAYA AUTO yang telah tersedia di Play Store dan App Store atau dapat diunduh di http://bit.ly/DownloadDayaAuto. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *