Sulut Aman dari Kekeringan Meteorologis

MANADO, 15 APRIL 2024 – Sulawesi utara (Sulut), menjadi salah satu daerah yang aman dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan kekeringan meteorologis.

 

Bacaan Lainnya

Ini dijelaskan dalam siaran pers Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), disebutkan Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis dan Potensi Karhutla edisi Dasarian I April 2024 dimana terdapat 22 titik api yang sebagian besar terdapat di Kalimantan Timur. Pada Dasarian II April 2024 terdapat wilayah yang diprediksi berpotensi terjadi karhutla dengan kategori resiko Tinggi yaitu di wilayah Sumba Tengah dan Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga  BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Rp2,57 Miliar untuk 44 Petugas Pemilu yang Meninggal Dunia dan yang Alami Kecelakaan

 

Hingga awal April 2024, wilayah dengan Hari Tanpa Hujan terpanjang terjadi di Rantau Selamat, Aceh Timur, yakni sebanyak 50 hari atau termasuk kategori Sangat Panjang. Namun demikian untuk pertengahan April 2024 tidak terdapat wilayah yang diprakirakan mengalami kekeringan meteorologis yang termasuk kategori Awas. Walau begit, BMKG juga merilis prakiraan mulai 16 April hingga 18 April mendatang, malah akan mengalami hujan yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang. Adapun daerah yang mendapat peringatan dini untuk tiga hari kedepan adalah Manado, Kepulauan Sitaro, Sangihe dan kepulauan Talaud, Bitung, Minahasa utara (Minut), Tomohon, Minahasa tenggara (Mitra), Bolmong utara (Bolmut) dan Bolsel. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *