Kepulangan 216.000 Jemaah Haji Indonesia akan Dilayani Bandara-bandara InJourney Airports

Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi menyebut bandara yang masuk dalam pengelolaan mereka akan siap melayani kepulangan para jemaah haji asal Indonesia.

MANADO, 26 JUNI 2024 – Sebanyak 216.000 jemaah haji dijadwalkan pulang ke Tanah Air, secara bertahap mulai 22 Juni hingga 22 Juli mendatang.

 

Bacaan Lainnya

Untuk itu, PT Angkasa Pura atau yang disebut juga sebagai InJourney Airports, telah menyiagakan 13 bandara yang dikelolanya, untuk melayani kepulangan para jemaah haji pada Angkutan Haji 2024. Dalam siaran pers yang diterima MANADONES, Bandara Hang Nadim Batam menjadi bandara pertama yang melayani kepulangan jemaah haji, ditandai dengan mendaratnya penerbangan yang mengangkut sebanyak 448 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 1 Batam pada Sabtu (22/6) sore lalu. “Syukur Alhamdulillah, pelayanan penerbangan berjalan dengan lancar. Mewakili Manajemen, kami mengucapkan selamat datang kembali kepada para jemaah haji di Tanah Air,” ujar Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi.

Baca juga  Manado Diguyur Hujan 10 Nomor Penerbangan Ditunda dan Dialihkan dari Bandara Sam Ratulangi

 

Faik Fahmi menyampaikan, InJourney Airports melalui 13 bandaranya telah memastikan kesiapan bandara, terutama yang berkaitan dengan infrastruktur bandara, prosedur operasional, serta pelayanan jemaah haji setibanya di bandara. InJourney Airports juga secara aktif terus menjalin koordinasi dengan seluruh instansi terkait untuk memastikan pelayanan kepulangan para jemaah haji dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

 

Pada periode debarkasi, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dijadwalkan akan melayani kepulangan jemaah haji terbanyak, yakni sebanyak 53.703 jemaah yang tergabung dalam 128 kloter. Proses debarkasi di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dimulai pada 22 Juni, serta dijadwalkan berakhir pada 21 Juli. Selengkapnya, untuk bandara yang mulai melayani kepulangan jemaah haji pada 22 Juni adalah Bandara Juanda Surabaya dengan 106 kloter, Bandara Hang Nadim Batam dengan 28 kloter, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan 13 kloter.

Baca juga  Psikolog : Kelola Stres Setiap Hari untuk Redakan Emosi

 

Bandara yang mulai melayani kepulangan jemaah haji pada 23 Juni adalah Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 100 kloter, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 46 kloter, Bandara Kertajati Majalengka dengan 30 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan 19 kloter, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan 19 kloter. Bandara Minangkabau Padang (17 kloter) dan Bandara Kualanamu Medan (25 kloter) akan melayani kepulangan jemaah haji secara bertahap yang dimulai pada 24 Juni, serta Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan melayani kepulangan 19 kloter yang dimulai pada 25 Juni. Terakhir, Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh akan melayani kepulangan 12 kloter jemaah haji yang baru akan dimulai pada 10 Juli mendatang. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *