Prancis ke 16 Besar Meski Bermain Imbang 1-1 Lawan Polandia

Penyerang Polandia Robert Lewandowski melepaskan tendangan dalam pertandingan pamungkas Grup D Piala Eropa 2024 lawan Prancis di Signal-Iduna Park pada Selasa (25/6/2024). ANTARA/Dok-UEFA

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 26 JUNI 2024 (ANTARA) – Prancis dipastikan melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024, meski bermain imbang 1-1 melawan Polandia dalam laga pamungkas Grup D di Signal-Iduna Park pada Selasa (25/6) malam WIB.

 

Masing-masing gol dari kedua tim dicetak melalui tendangan penalti. Kylian Mbappe membuka keunggulan untuk Prancis sebelum Polandia menyamakan kedudukan berkat Robert Lewandowski. Hasil ini membuat Prancis turun ke posisi dua Grup D dengan lima poin, disalip Austria yang menempati  posisi juara grup usai mengalahkan Belanda 3-2. Austria dan Prancis lolos ke 16 besar, sementara Belanda masih punya kesempatan lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Sedangkan Polandia sudah dipastikan gagal lolos di pertandingan sebelumnya. Mereka hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

 

Jalannya pertandingan

Kedua tim bermain menyerang sejak pertandingan dimulai. Polandia, yang sudah dipastikan tersingkir dari Euro 2024, bermain lepas sehingga mampu merepotkan Prancis sejak awal. Polandia menciptakan peluang pertama pada menit ke-6 melalui tendangan Piotr Zielinski, tetapi bola masih bisa diredam Mike Maignan. Prancis membalas lima menit berselang. Berawal dari umpan tarik Dembele, Theo Hernandez punya kans mencetak gol melalui sepakannya dari sudut sempit. Namun, kiper Polandia Lukasz Skorupski masih bisa menghentikannya dengan kaki. Prancis pelan-pelan mulai mengambil alih permainan dan mengurung Polandia. Mbappe mempunyai peluang jelang akhir babak pertama, namun tendangannya di kotak penalti setelah bermain satu dua dengan Bradley Barcola masih bisa diantisipasi kiper.

Baca juga  Menkominfo Ajak Generasi Muda Ambil Andil Perangi Judi Online

 

Babak pertama berakhir tanpa gol

Di babak kedua, Prancis masih mendominasi permainan dengan sejumlah peluang diciptakan melalui Mbappe dan Ousmane Dembele. Prancis akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 melalui tendangan penalti. Penalti diberikan wasit setelah Jakub Kiwior melanggar Ousmane Dembele di kotak penalti. Mbappe maju menjadi eksekutor dan dengan mudah memasukan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk Prancis. Gol ini sekaligus menjadi gol pertama Mbappe di ajang Piala Eropa. Usai gol, Prancis mengganti banyak pemainnya, sementara Polandia juga memasukkan dua pemain baru, salah satunya Karol Swiderski. Kali ini giliran Polandia yang mendapatkan penalti setelah Swiderski membuat Dayot Upamecano membuat kesalahan dengan melanggarnya di kotak penalti.

Baca juga  Tuan rumah Olimpiade 2024 Prancis Belum Putuskan Partisipasi Rusia

 

Awalnya, wasit tidak menganggapnya pelanggaran. Namun, Upamecano terbukti melakukan pelanggaran setelah wasit Marco Guida asal Italia meninjau tayangan ulang VAR. Robert Lewandowski menjadi eksekutor, dan sempat gagal mengecoh Maignan. Sepakannya ditepis, tetapi penalti harus diulang karena kaki Maignan lebih dulu maju. Lewandowski kali ini tidak membuang kesempatan keduanya dan sukses menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-79. Di sisa waktu, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga bubar.

 

Susunan Pemain

Prancis (4-3-3): Mike Maignan, William Saliba, Dayot Upamecano, Theo Hernandez, N’Golo Kante (Antoine Griezmann 61′), Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot (Eduardo Camavinga 61′), Bradley Barcola (Olivier Giroud 61′), Kylian Mbappe, Ousmane Dembele

 

Polandia (5-3-2): Lukasz Skorupski, Pawel Dawidowicz, Jakub Kiwior, Jan Bednaresk, Nicoa Zalewski (Michal Skoras 68′), Przemyslaw Frankowski, Jakub Moder, Piotr Zielinski, Sebastian Szymanski (Karol Swiderski 68′), Lewandowski, Urbanski

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan

Editor : Atman Ahdiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *