Untuk Majukan Profesi Fotografer APFI Sulut Terbentuk

APFI Sulut resmi hadir di Sulut untuk kemajuan profesi fotografer daerah ini.

TOMOHON, 19 NOVEMBER 2023 – Sulawesi utara (Sulut), menjadi salah satu daerah penghasil fotografer terbaik nasional, dan untuk menjadikan profesi ini makin maju, maka Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Sulawesi Utara (Sulut) resmi dibentuk dan berdiri.

 

Bacaan Lainnya

Sebanyak 12 wakil dari komunitas fotografi Nyiur melambai, siang kemarin, di Tomohon menggelar musyawarah dan rapat pemilihan pengurus APFI Sulut periode 2023, dengan menghasilkan Sonny Tasidjawa sebagai Ketua APFI Sulut, Sekretaris dimandatkan pada  Hermundo Kasiadi.

 

Diterangkan oleh Tasidjawa usai pemilihan, Latar belakang dibentuknya pengurus daerah APFI Sulut karena beberapa faktor yang dihadapi komunitas fotografi daerah ini. Pertama, Sulut belum memiliki asosiasi fotografi yang resmi. Kedua, meskipun terdapat komunitas fotografi, tetapi hingga saat ini tidak dapat berkembang maksimal akibat masalah internal dan kelembagaan yang kompleks. Ketiga, kehadiran APFI diharapkan dapat memfasilitasi penerbitan sertifikat kompetensi bagi para fotografer di Sulut. “Dan yang keempat,  APFI Sulut ingin mempersatukan semua fotografer di wilayah ini,” kata Tasidjawa, sambil menyebut forografer Sulut memiliki keragaman genre fotografi yang mewakili berbagai genre mulai dari underwater photography, bird photography, tourism photography, wedding photography, wildlife animal photography, landscape photography, macro photography, event organizer photography, hingga human interest photography.

 

Baca juga  Foto Ini Buat Mahasiswa Politeknik Manado Jawara di Lomba Foto WASI di HUT ke –77 RI

Selain itu, disebutkan juga oleh Ketua Bidang Organisasi APFI Sulut, Rocky Ngantung, kegiatan musyawarah dan rapat APFI ini pemilihan ketua dan pembentukan kepengurusan memang menjadi hal utama selain program awal yang akan dijalankan pegurus terpilih APFI Sulut, dan ke depannya, kriteria keanggotaan akan diatur untuk menyaring fotografer berkualitas yang ingin bergabung. Senada juga diterangkan Ketua Bidang SDM APFI Sulut, Sandy Takarendeng, yang menambahkan akan adanya upaya untuk meningkatkan kapasitas anggota APFI Sulut, yang belum memahami kamera dan teori fotografi, membawa mereka menjadi lebih paham dan mahir.

 

Deklarasi resmi APFI Sulut ini, diharapkan akan menjadi tonggak awal bagi perkembangan dunia fotografi di Sulawesi Utara, membangun kolaborasi yang kuat di antara para fotografer, dan memberikan dorongan positif untuk pengembangan bakat fotografi setempat.

Baca juga  Workshop dan Entrepreneurship Competition di Polimdo Hadirkan Guru Besar dari Jackson College

 

APFI sendiri, adalah organisasi profesi bagi fotografer di Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 25 Juni 2014 . Sejak berdiri sampai dengan saat ini, memiliki anggota yang telah tersebar di 34 propinsi seluruh Indonesia dengan 21 pengurus daerah. APFI juga telah memiliki 2 lembaga sertifikasi Nasional yaitu LESKOFI (Lembaga Sertifikasi Kompetensi Fotografi Indonesia) dan LSPFI (Lembaga Sertifikasi Profesi Fotografi Indonesia). Untuk kelengkapannya, makan bisa dilihat dalam https://www.apfinasional.or.id.  (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *