Basarnas Latih Masyarakat Tomohon untuk Lakukan Pertolongan di Kawasan Gunungapi

MANADO, 11 JULI 2024 – Puluhan masyarakat, dan warga pecinta alam yang ada di Kota Tomohon, sejak pagi tadi melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana, terkait letusan gunungapi.

 

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini, dipimpin langsung oleh Direktur Bina Potensi Basarnas, Agus Haryono. Disini, masyarakat Tomohon yang tinggal di kawasan berpotensi bencana seperti kawasan gunungapi, amat penting untuk melatih kesiapsiagaan menghadapi bencana letusan dan erupsi gunung. “Pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam pertolongan darurat, baik untuk diri sendiri maupun anggota keluarga. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan evakuasi mandiri serta memberikan pertolongan pertama saat menghadapi situasi darurat akibat erupsi Gunungapi Lokon,” kata Haryono.

Baca juga  Waspada Hujan Deras akan Melanda Sembilan Kabupaten Kota di Sulut

 

Walikota Kota Tomohon, Carol Senduk yang juga hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Rindam Tomohon ini mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Basarnas untuk mengedukasi warganya. “Ini upaya preventif untuk meminimalisir dampak bencana alam di wilayah kita. Kami sebagai pemerintah, berharap masyarakat lebih siap dan terlatih dalam merespons keadaan darurat, sehingga dapat mengurangi risiko kerugian jiwa dan harta benda,” ujarnya. Dalam pelatihan ini, ada juga berbagai simulasi evakuasi dan pertolongan darurat yang melibatkan partisipasi aktif dari warga sekitar. Tomohon sendiri merupakan kawasan rawan bencana, karena memiliki gunungapi aktif, Lokon. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *