PETI Berkedok TMS Aktivis SSI Minta Kapolda Sulut dan Kapolres Turun Tangan

Alat berat mulai beraksi di PETI di Sangihe.

TAHUNA, 10 JANUARI 2024 – Aktivitas tambang tanpa ijin, atau penambangan tanpa ijin (PETI), diduga makin marak di Sangihe.

 

Bacaan Lainnya

Ini terungkap dari pantauan aktivis Save Sangihe Island (SSI), Robison Saul, yang mengurai hadirnya beragam alat berat yang dirinci lebih dari 30 alat di lokasi tambang emas Bowone seluas 15 Ha ini. Menurut Robison, dilema penindakan terhadap kegiatan alat berat di lokasi tambang mas Bowone dan Binebas oleh aparat keamanan nampak terlihat di areal  tambang yang disebut milik PT TMS. “Pandangan hukum dari  tim kuasa hukum SSI, kontrak karya itu adalah kontrak atau perjanjian, bukan Ijin,” terangnya sambil mengutip pertimbangan hukum dari putusan Mahkamah Agung no. 650 k/TUN/2023 yang menyatakan batal dan tidak sah.

Baca juga  Pemkab Sangihe Hadirkan Pasar Murah dan Pengobatan Gratis di Tabukan Utara

 

Dalam putusan MA ini, terang Saul, IUP Operasi Produksi PT TMS dan IUP tersebut telah dicabut oleh Menteri ESDM. “Dengan demikian, jelas bahwa kontrak karya tersebut jika hendak dilaksanakan harus ada izin-izin terlebih dahulu. Kapolda dan Kapolres harus tegas,” jelas Saul. Dirinya kemudian mengingatkan Kapolres Kepulauan Sangihe bahwa negara ini adalah negara hukum, yang memberikan hak dan wewenang kepada Kepolisian sebagai Aparat Penegak Hukum, untuk segera mengambil tindakan berdasarkan hukum dan putusan MA yang telah ada.

 

Sementara itu, Kapolres Sangihe AKBP Dhana Ananda Syahputra SH SIK MSi pada perhelatan jumpa pers media akhir tahun 2023 lalu menyebutkan, bahwa hingga saat ini PT Tambang Mas Sangihe (TMS) masih tetap memegang kontrak karya di Sangihe. Makanya aktifitas yang berlaku di lokasi tambang Bowone dan Binebas tetap berkaitan dengan PT TMS. “Masalah tambang di Bowone dan Binebas sangatlah pelik, sebab aktifitas disana (Binebas dan Bowone-red) masih berkaitan dengan PT TMS selaku pemegang kontrak karya”, Jelas Kapolres Ananda. (Ryansengala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *