Laut Bunaken jadi Tujuan Utama Liburan para Wisman Cina

Penyu yang menjadi daya tarik yang ada di Bunaken. (graceywakary/manadones)

MANADO, 29 MARET 2024 – Kawasan taman laut Bunaken, masih menjadi area utama  para wisataan mancanegara (wisman), untuk dikunjungi saat mereka berlibur di Indonesia.

 

Bacaan Lainnya

Terutama para pecinta alam bawah air, yang rerata adalah wisman dari China, Singapura dan beberapa negara Eropa. “Banyak tamu kami yang memang hanya untuk menyelam di Bunaken, terutama wisman Cina atau Tiongkok, yang waktu liburan mereka bisa selama sepekan hingga dua pekan,” kata Direktur operator selam, Manado Scuba, Katiman Herlambang, pada MANADONES belum lama ini. Para wisman ini, kata Katiman memang hanya berlibur untuk menyelam di Bunaken untuk melihat langsung biota seperti penyu, ikan napoleon hingga hiu serta coral.

Baca juga  Penutupan Bandara Sam Ratulangi Masih Berlangsung 19.085 Penumpang Tunda Penerbangan

 

Untuk itu, Manado Scuba disebut Katiman, sudah menyiapkan para pemandu selam yang memiliki sertifikat sekelas Instruktur dan master dive untuk menemani para tamu ini. “Biasanya sehari mereka menyelam dua hingga tiga kali. Jika ada jeda, maka mereka saya beri pilihan untuk menikmati alam darat, dengan mengunjungi situs budaya yang ada seperti di Waruga Sawangan,” jelas Katiman. Senada dikatakan oleh pemilik operator selam dari Minanga Diver, Reinhart Garang, yang mengaku hampir 80 persen tamu mereka yang berasal dari negara di kawasan Asia, memang menjadikan Bunaken sebagai tujuan utama mereka untuk berlibur. Seperti diketahui, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi utara (Sulut), wisman Cina dan Singapura menjadi yang paling banyak berkujung ke Sulawesi utara dengan tujuan berlibur. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *