PETI Merajalela di Bawone dan Binebas Lokasi Eks PT TMS Polres Sangihe Harus Bertindak

PETI di eks lahan PT TMS di Sangihe terlihat terus berlangsung.

TAHUNA, 12 JANUARI 2024 – Aktivitas penambangan emas tanpa ijin atau PETI, terus terlihat di eks lokasi milik PT TMS yang ada di Kampung Bowone, dan Kampung Binebas Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

Bacaan Lainnya

Alat berat berupa escavator, terlihat on atau melakukan aksi penggalian di kawasan tersebut. Pada media, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Kadis ESDM) Sulawesi Utara (Sulut), Drs Fransiscus Maindoka, ketika dihubungi sejumlah awak media beberapa waktu yang lalu menyatakan, keberadaan PT TMS itu kontrak karya yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. “Dan, memang benar ijinnya masih berlaku hingga sekarang”, ujar Maindoka. Meski demikian lanjut Maindoka, sesuai dengan hasil pertimbangan hukum oleh putusan Mahkamah Agung no. 650 k/TUN/2023 yg menyatakan batal dan tidak sah IUP Operasi Produksi PT TMS dan IUP tersebut telah dicabut oleh Menteri ESDM. Ini, terangnya membuat segala bentuk kegiatan penambangan di lokasi PT TMS harusnya tidak ada untuk saat ini.

Baca juga  Pincab BRI Tahuna Salurkan Bantuan Renovasi Musholla Al Ihsyiroh Polres Sangihe.

 

Dia kemudian menyebut, jika masih ada aktvitas tambang maka hal itu adalah PETI. “Aparat kepolisian Polres Sangihe berhak melakukan tindakan. Tanpa ijin operasi produksi maka aktifitas penambangan jelas adalah aktifitas ilegal sehingga Polres Sangihe wajib melakukan kewenangan penindakan di lokasi dimaksud,” terangnya.(Ryansengala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *