YouTube Merilis Seri Dokumenter Tentang Perempuan Kreator Konten

Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah) bersama jurnalis Najwa Shihab, penyanyi Putri Ariani, pejabat YouTube Indonesia, serta perempuan kreator konten dalam acara YouTube bertajuk Seribu Kartini di Jakarta, Jumat (19/4/2024). (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/aww)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 20 APRIL 2024 (ANTARA) – Platform berbagi video YouTube merilis seri dokumenter tentang perempuan kreator konten menjelang peringatan Hari Kartini tanggal 21 April.

 

Manajer Senior Pemasaran Produk YouTube Indonesia dan Asia Tenggara Olavina Harahap mengatakan bahwa cerita lima perempuan kreator konten dalam seri dokumenter itu menunjukkan bahwa setiap perempuan bisa menjadi pelopor perubahan dalam hidupnya dengan caranya sendiri. “Semoga di Hari Kartini ini, kami dapat mengingatkan setiap wanita Tanah Air bahwa mereka bisa menjadi pelopor perubahan dalam hidupnya dengan caranya sendiri. Kami melakukannya dengan menceritakan kisah berbagai perempuan zaman modern dengan cara yang merupakan inti dari YouTube, yaitu visual storytelling,” katanya dalam acara YouTube bertajuk Seribu Kartini, Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat. Olavina mengatakan, setiap perempuan bisa belajar dari Kartini, yang berusaha mewujudkan mimpinya dan menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Baca juga  18 Jenama Mode Lokal Tampil di NYIFW 2023 Feat IFAF

 

​​​​​​Lima perempuan kreator konten yang kisahnya diangkat dalam seri dokumenter YouTube dinilai berhasil memberdayakan diri sendiri dan membantu menumbuhkan komunitas dengan sifat keterbukaan YouTube. Mereka adalah Nessie Judge yang menyajikan konten horor misteri, Novi yang membuat konten Petani Happy, Arih Lystia yang menghadirkan konten kecantikan, Irene Komala yang menyuguhkan konten jalan-jalan, dan Nadhira Afifa, seorang ibu yang menjadi kreator konten kesehatan. Kisah mereka disiarkan di YouTube Indonesia pada 19 April 2024. “Mereka berbagi kisah masing-masing dalam melepaskan diri dari kekangan dan batasan yang ada di masyarakat. Latar belakang yang berbeda inilah yang diharapkan menjadi inspirasi atas pilihan yang mereka ambil untuk membuat perubahan dan keluar dari narasi yang membatasi dan ekspektasi sosial yang diharapkan oleh masyarakat,” kata Olavina. Dia berharap semua perempuan dapat berkontribusi meneruskan upaya Kartini untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Baca juga  Pimpinan DPR Soroti Peran TNI Hadapi Ekonomi Global saat Uji Kelayakan

Pewarta: Fitra Ashari

Editor: Maryati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *