Liando ungkap Media Punya Peran Penting dalam Proses Pilkada Berkualitas

Dr Ferry Liando saat memberikan materi dihadapan 82 wartawan lokal Sulawesi utara di The Sentra Manado.

MANADO, 27 MEI 2024 – Media massa, punya peran penting dalam menciptakan proses dan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang jujur adil dan berkualitas.

 

Bacaan Lainnya

Ini ditegaskan oleh pengamat politk dan kepemiluan, Dr Ferry Daud Liando SIP MSi, sebagai pemateri dalam Rapat Kordinasi (Rakor) Peliputan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024 bersama Media, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi utara (Sulut), malam tadi. “Media punya peran penting dalam pelaksanaan dan proses pilkada ke depannya. Edukasi ke masyarakat, melalui pemberitaan yang tidak miring atau terafiliasi dengan partai politik, mendorong masyarakat agar mereka paham siapa yang akan mereka pilih,” terangnya. Liando kemudian mengurai, media massa punya peran yang sama dalam pilkada selain masyarakat dan regulasi yang ada.

Baca juga  Tujuh Hal Ini Disebut Bawaslu Sulut jadi Potensi Kecurangan di Masa Tenang

 

Masyarakat, disebutkan Liando wajib didorong untuk bisa menjadi pemilih yang baik, karena hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham dengan Pilkada yang Baik dan Berkualitas, termasuk masyarakat yang belum mengerti proses pilkada. Dia menerangkan, bahwa masih ada masyarakat yang salah arti tentang pilkada, dimana mereka menganggapnya pilkada sebagai pesta mendapatkan sesuatu atau keuntungan bagi mereka. “Karena tujuan pilkada adalah mendapatkan pemimpin yang berkualiats, dan untuk dapatkan itu, maka kita perlu cara atau regulasi, jika cara keliru kita akan sulit mendapatkan pemipin yang berkualitas. Lagi lag media punya peran untuk itu,” katanya.

 

Liando juga menyinggung tentang salah satu regulasi yang masih digunakan adalah UU nomor 10 Tahun 2012, yang hingga ini belum direvisi, terutama tetag pesyaratan calon yang akan maju pilkada mendatang, termasuk di Sulut. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *