171 Panwascam Ikuti Rakor Penguatan Kapasitas dari Bawaslu Sulut

Rakor yang digelar Bawaslu Sulut dI The Sentra Manado, Minut.

MANADO, 15 JUNI 2024 – Sebanyak 171 anggota Panwascam se Sulawesi utara (Sulut), mengikuti kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor) Kesiapan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulut Tahun 2024, yang digelar oleh Bawaslu Sulut.

 

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan yang digelar sejak 13 Juni hingga siang hari ini di The Sentra Manado, Minahasa Utara (Minut), Bawaslu Sulut menghadirkan para nara sumber yang merupakan akademisi kenamaan di bidang kepemiluan seperti Dr Ferrol Warouw yang membawakan materi tentang kesiapan para Panwascam dalam mengantisipasi laporan adanya dugaan pelanggaran pada Pilkada mendatang. Sementara pemateri Dr Viktory NJ Rotty memberikan materi tentang kerawanan umum yang akan ditemui, tantangan Panwascam seperti data pemilih, dugaan ketidaknetralan hingga logistic.

Baca juga  Klabat pada VAP - HR dan SGR - NAP

 

Yang menarik juga adalah diangkatnya masalah hak pilih dari para pengungsi terutama pengungsi Gunungapi Ruang yang kini menetap di kawasan Manado, Minut, Bitung hingga Bolsel. Komisioner Bawaslu Sulut, Zulkifli Densi menjelaskan pada MANADONES, kegiatan rakor ini merupakan kegiatan wajib diikuti para Panwascam se Sulut. “Ini penting, karena ada hal hal yang baru dalam Pilkada nanti, seperti contoh batas pelaporan, serta bagaimana menangani laporan yang masuk serta menjaga keselamatan mereka sendiri saat proses Pilkada nanti. Mereka ujung tombak kami,” kata Zul, sapaan akrabnya. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *