Spanyol Telan Bulat-bulat Kroasia 3-0

Gelandang Fabian Ruiz (kanan) merayakan golnya yang turut memenangkan Spanyol dalam laga melawan Kroasia di Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, pada 15 Juni 2024. (AFP/CHRISTOPHE SIMON)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 16 JUNI 2024 (ANTARA) – Spanyol menanng meyakinkan 3-0 atas Kroasia pada pertandingan Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Minggu dini hari WIB.

 

Kemenangan La Furia Roja hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal, demikian catatan UEFA. Kemenangan ini membuat Spanyol menempati peringkat pertama klasemen Grup B Euro 2024 dengan tiga poin dari saru pertandingan, sedangkan Kroasia menjadi juru kunci. Kedua tim memperagakan permainan terbuka, namun Spanyol yang menciptakan peluang lebih dahulu lewat tendangan Alvaro Morata yang dimentahkan kiper Kroasia Dominik Livakovic. Giliran Yamine Lamal menebar ancaman namun tendangannya dengan mudah dijinakkan  Livakovic. Spanyol mengakhiri kebuntuan setelah umpan terobosan Marc Cucurella dikonversi menjadi gol oleh tendangan Alvaro Morata pada menit 29.

Baca juga  Rayakan Hari Perempuan Internasional Mattel Hadirkan Barbie Berwajah Para Ikon

 

Tak lama kemudian Kroasia membuat peluang lewat tendangan Mateo Kovacic yang dimentahkan  kiper Spanyol Unai Simon. Pada menit 32, Spanyol menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan Fabian Ruiz di dalam kotak penalti Kroasia. Kroasia merespon sampai mendapatkan dua peluang lewat Marcelo Brozovic dan Lovro Majer, akan tetapi kedua peluang ini tak membuahkan hasil. Menjelang babak pertam berakhir, Spanyol menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat sontekan Dani Carvajal yang memanfaatkan umpan silang Yamine Lamal. Pada babak kedua, Spanyol memiliki peluang emas lewat tendangan Yamine Lamal, namun ditepis oleh Livakovic. Kroasia berbalik mendapatkan peluang emas melalui tendangan Josip Stanisic, akan tetapi dapat dihalau oleh Marc Cucurella. Skuad asuhan Zlatko Dalic memiliki peluang emas mencetak gol lewat tendangan penalti namun eksekusi Bruno Petkovic ditepis oleh Unai Simon.

Baca juga  AS Dukung Manila Terkait Tabrakan Kapal Filipina-China di LCS

 

Meskipun begitu, bola pantul hasil tepisan Unai Simon dapat dijangkau Ivan Perisic yang mengirimkan umpan kepada Petkovic dan membobol gawang Spanyol. Gol ini dianulir oleh VAR karena offside. Pada menit-menit terakhir, Kroasia terus berupaya  memperkecil ketertinggalan, namun Spanyol tetap unggul 3-0. Selanjutnya Spanyol menghadapi partai berat pada laga kedua Grup B menghadapi Italia pada Kamis (20/6), sedangkan Kroasia berjumpa Albania sehari sebelumnya.

Pewarta : Aldi Sultan

Editor : Jafar M Sidik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *