Festival Rumah Raja Manganitu Resmi Dibuka PJ Bupati Sangihe

Pj Bupati saat membuka Festival Rumah Raja tadi.

TAHUNA, 20 NOVEMBER 2023 – Festival Rumah Raja Manganitu, pagi tadi resmi dibuka Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan.

 

Bacaan Lainnya

Festival yang baru pertama kalinya digelar ini, akan berlangsung hingg 25 November 2203, dengan melibatkan seluruh kampung dan desa yang ada di Kecamatan Manganitu, serta UMKM yang merupakan roduk kerjinan lokal serta beragam kuliner. Tidak ketinggalan atraksi seni budaya seperti baca puisi, tarian adat ampa wayer dan masamper, yang melibatkanpelajar SD, SMP dan SMA serta masyarakat umum melalui musik orkes, musik bambu, vokal grup, solo/Duet, poco-poco hingga gelar Kreasi.

 

Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kecamatan Manganitu bersama seluruh Kapitalaung (Kepala kampung) dan masyarakat. “Kegiatan ini sangat menunjang pariwisata dan juga budaya dari Kabupaten Kepulauan Sangihe. Apalagii pada kegiatan Festival Rumah Raja 2023 ini juga ada keterlibatan adik-adik pelajar SD, SMP dan juga SMA,” ungkap Tamuntuan

Baca juga  Lansia Berkursi Roda Hadiri Jumat Agung di GMIST Efrata Tahuna

 

Diakui wanita,yang juga menjabat Kadis Sosial Pemprov Sulut, tentunya kegiatan-kegiatan seperti ini sangatlah baik, tidak hanya untuk melestarikan nilai luhur budaya daerah tapi turut menyentuh dunia pendidikan. “Tentunya ada banyak hal yang bisa diberikan oleh adik-adik pelajar dalam kegiatan ini, sebab saya melihat Kecamatan Manganitu ini adalah kecamatan yang benar-benar memberikan dampak untuk budaya-budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” imbuhnya.

 

Dikesempatan itu Tamuntuan juga mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Manganitu memanjatkan syukur atas dinobatkannya Pahlawan Nasional salah satu Raja Manganitu Bataha Santiago pada tanggal 10 November 2023, karena resmi diakui secara nasional sebagai pahlawan nasional dengan nama Raja Bataha Santiago.

Baca juga  Rupiah Kamis Pagi Turun 60 Poin jadi Rp16.215 per Dolar AS

 

Sebelumnya Ketua Panitia Festival Rumah Raja, Richard Manulong, melaporkan kegiatan ini adalah bukti nyata yang pemerintah lakukan untuk menunjang bakat anak-anak SD, SMP sampai SMA serta latar belakang kegiatan festival ini dalam rangka menunjang program pembangunan wisata dan pelestarian seni budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Kegiatan ini juga untuk promosi wisata Rumah Raja serta pemberdayaan UMKM dan wadah penyaluran bakat kalangan pelajar di wilayah Manganitu,” ujar Richard.

 

Usai membuka kegiatan, Rinny yang didampingi Kadis Pariwisata Femmy Montang, Kaban Kesbangpol Franky Nantingkase, Kadis Kominfo Ziegfrid Harikatang, Kasatpol PP Taufan Pontoh serta Camat Manganitu Julian Pesik, langsung menyambangi satu per satu stand dilokasi festival. (Ryansengala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *