Presiden Jokowi hadiri Penyerahan C-130J-30 Super Hercules A-1344

JAKARTA, 24 JANUARI 2024 – Presiden Joko Widodo (Jokowi), hadir langsung dalam kegiatan penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, pada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, siang tadi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Indonesia, negara kepulauan yang sangat besar, dengan sebagian bandaranya hanya memiliki landasan yang pendek, sangat memerlukan pesawat ini. Kondisi landasan seperti yang kita punya bisa didarati oleh Super Hercules, yang juga dapat terbang kurang lebih 11 jam nonstop. Pesawat ini telah dipesan beberapa tahun lalu, dan sangat penting untuk keperluan perang serta nonperang,” kata Jokowi. Dikutip dari Biro Pers Sekretariat Presiden RI, yang diterima MANADONES, Presiden Jokowi mengungkapkan juga, pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan ini, adalah untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU. “Pesawat kelima yaitu, A-1342, rencananya akan tiba pada April 2024. Tiga pesawat sebelumnya telah diserahkan kepada TNI AU,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Cara Sehat Rayakan HUT ala Kepala BI KPw Sulut

 

Presiden juga menambahkan, selain pesawat tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec, dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. “Ini sekaligus menyerahkan hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh KSAL, Laksamana TNI Muhammad Ali. Saya menilai kehadiran helikopter-helikopter tersebut memiliki peranan sangat penting dan dapat mendukung kapal perang atau fregat TNI,” tambah Presiden Jokowi dihadapan media. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *