Periksa Motor Sebelum Berkendara ala Honda

Periksalah dengan teliti motor sebelum melakukan perjalanan, #Cari_Aman.

MANADO, 16 MARET 2024 – Para pecinta jalan jalan dengan roda dua, weekend adalah waktu yang tepat.

 

Bacaan Lainnya

Untuk itu, ada beberapa bagian yang harus dicek sebelum melakukan aktivitas bersama motor kesayangan, terutama akan melakukan touring atau menempuh jarak yang jauh. Honda dalam siaran pers yang diterima MANADONES melalui PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), memberikan bagian penting yang harus dilakukan sebelum berkendara karena ini, akan membantu meminimalisir potensi terjadinya masalah di tengah perjalanan. Misalnya kehabisan bensin, lampu utama mati, atau mungkin ban kempis.

 

Karena itu lakukanlah pemeriksaan sepeda motor Honda anda pada bagian-bagian berikut sebelum berkendara :

  1. Persediaan bahan bakar. Pastikan bahan bakar cukup untuk digunakan sesuai jarak perjalanan yang akan ditempuh dengan sepeda motor. Isilah tangki bahan bakar bila diperlukan atau ketika bahan bakar dirasa tidak mencukupi.
Baca juga  Empat Tips dari Astra Honda untuk Perawatan Kampas Kopling Motor

 

  1. Gas tangan. Periksa kelancaran selongsong gas untuk memastikan pembukaan dan penutupan penuh tidak terhambat atau seret. Ingat, lakukan pemeriksaan tersebut saat mesin dalam keadaan off atau mati. Pastikan kehalusan perputaran gas tangan dari posisi tertutup penuh sampai posisi terbuka penuh pada semua posisi kemudi berjalan halus. Pastikan pula jarak main bebas gas tangan sudah benar.

 

  1. Tinggi permukaan oli mesin. Oli mesin berada pada posisi yang tak bisa dilihat langsung oleh mata. Karena itu, sebelum berkendara ada baiknya lakukan pengecekan tinggi permukaan oli mesin, apakah masih dalam kondisi penuh atau berkurang.

 

  1. Tinggi permukaan cairan pendingin. Periksa tinggi permukaan cairan pendingin, di dalam tangki penyimpanan saat mesin dingin. Jika, tinggi permukaan cairan pendingin berada di bawah tanda batas terbawah, tambahkan cairan pendingin yang dianjurkan hingga tinggi permukaan mencapai tanda batas teratas.

 

  1. Rem. Periksalah tinggi permukaan minyak rem, jika berada di bawah tanda batas LWR pada reservoir, maka tambahkan minyak rem secukupnya. Jika, kampas rem tidak aus atau masih dalam kondisi bagus, maka kemungkinan besar ada kebocoran minyak. Periksakanlah sepeda motor di bengkel AHASS terdekat. Untuk tipe motor CBS, periksa kampas rem belakang dan jarak main bebas pada tuas rem kiri.
Baca juga  Promo Menarik dari DAW untuk Skutik Honda di April Ini

 

  1. Lampu-lampu dan klakson. Periksa bahwa lampu-lampu seperti lampu utama, sein hingga lampu rem berfungsi dengan baik. Periksa juga indikator-indikator pada speedometer dan pastikan berfungsi dengan baik. Tak ketinggalan, pastikan juga klakson berfungsi dengan benar.

 

  1. Sistem pemutus pengapian di standar samping. Pada motor matic terdapat fitur side stand switch. Mesin akan secara otomatis mati saat standar samping diturunkan.

 

  1. Ban. Pemeriksaan ban dapat dilakukan secara visual dan menggunakan alat pengukur tekanan udara. Pemeriksaan secara visual dilakukan untuk memastikan kondisi ban dalam keadaan baik, tak ada retakan atau sayatan pada dinding ban yang akan memengaruhi daya tahannya. Lalu pastikan pula tak ada benjolan pada permukaan ban. (graceywakary)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *