Polimdo Terbuka untuk Siswa Pemegang KIP Mendaftar jadi Mahasiswa

Koordinator Humas Polimdo Stevie Kaligis SE MM Ak CA.

MANADO, 21 JUNI 2024 – Memiliki area kampus yang luas, dan gedung gedung kuliah yang terbaik di Indonesia timur, serta para dosen dengan yang memiliki prestasi nasional dan internasional, Perguruan Tinggi (PT) vokasi unggulan Sulawesi utara (Sulut), Politeknik Negeri Manado (Polimdo) terus membuka diri di tahun ajaran baru ini.

 

Bacaan Lainnya

Selain sebagai kawasan kampus berwawasan lingkungan yang bebas dari aksi kekerasan, kampus ini juga memiliki 20 program studi terbaik, dan diantaranya adalah prodi kerja sama dengan PT luar negeri, dan ILO. “Kami terbuka bagi para calon mahasiswa untuk menambah ilmu usai lulus SMA atau SMK, termasuk bagi para pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-K,” jelas Koordinator Humas dan Kerjasama Polimdo, Stevie Kaligis SE.Ak ME Ca, belum lama ini.

 

Salah satu dosen Polimdo ini, mengurai bagi para siswa lulusan SMA dan SMK, bisa melakukan pendaftaran KIP-K di Polimdo dimana proses ini telah dibuka sejak pekan lalu, 11 Juni 2024 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2024. “Jadi, siswa lulusan SMA atau SMK pemilik KIP masih memiliki waktu untuk menjadi bagian dari Polimdo,” jelas Kaligis. Dia kemudian mengurai, calon mahasiswa yang belum beruntung di jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) maupun Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tidak perlu membuat ulang akun KIP Kuliah. “Tidak perlu mendaftar lagi KIP Kuliahnya, tinggal nanti memilih lagi jalur seleksi,” katanya lagi, sembari menyebut ada aplikasi buat daftar di Polimdo, usai para calon mahasiswa memenuhi syarat KIP-K.

Baca juga  Serunya Kegiatan Bercerita untuk Anak di BBPSU yang Hadirkan Konjen Filipina dan Ketua PIK PLN UIW Suluttenggo

 

Berikut ketentuan yang harus dipenuhi calon mahasiswa penerima KIP-K, seperti dilansir dari laman Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024, yaitu:

  1. Penerima KIP Kuliah merupakan siswa lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang lulus pada 2024 atau maksimal 2 tahun sebelumnya (2023 dan 2022).
  2. Siswa dinyatakan lulus seleksi dengan program studi (prodi) terakreditasi minimal C atau Baik.
  3. Memiliki potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.
  4. Masuk KIP, lulusan Tahun 2022-2023.

 

Selain itu, penerima KIP Kuliah 2024 juga wajib memenuhi persyaratan ekonomi, yakni berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin yang dibuktikan dengan dokumen meliputi calon mahasiswa merupakan pemegang bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) berbentuk KIP-SMA/SMK yang terdata pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan SiPintar. Mahasiswa dari keluarga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau penerima bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan bidang sosial seperti Mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Mahasiswa termasuk dalam kelompok masyarakat miskin maksimal pada tiga desil pada Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), dan caln mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan.

Baca juga  263 Maba Resmi Masuk Polimdo usai Dinyatakan Lulus Jalur Tes SNBT TA 2023/2024

 

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari empat kriteria di atas, tetap dapat mendaftar untuk mendapat KIP Kuliah dengan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan seperti, bukti pendapatan kotor gabungan orangtua/wali maksimal Rp4 juta per bulan atau Rp750.000 per anggota keluarga. Bukti keluarga miskin dalam bentuk surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa atau kelurahan. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *