Timnas Indonesia Tergabung di Pot 6 untuk Undian Putaran Ketiga

Logo Garuda yang tersemat di jersi timnas Indonesia produksi Mills. (ANTARA/HO/MILLS)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 21 JUNI 2024 (ANTARA) – Timnas Indonesia tergabung di Pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait pada undian babak grup untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni mendatang.

 

Dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat, nantinya pengundian ini akan dibawakan oleh reporter olahraga Colette Wong dan Chief Tournament Officer Piala Dunia 2026 Manolo Zubiria. Dua legenda FIFA dari daratan Asia juga akan terlibat pada pengundian ini. Dua legenda itu adalah mantan pemain timnas Jepang Shinji Okazaki dan mantan pemain timnas Iran Mehdi Mahdavikia. Undian babak grup putaran ketiga ini nantinya dapat disaksikan secara langsung mulai pukul 15:00 waktu setempat di FIFA.com. Pengundian ini akan membagi 18 negara yang lolos dari putaran kedua menjadi tiga grup yang terdiri dari enam tim dengan pertandingan yang akan dimainkan dalam format penyisihan grup pada bulan September, Oktober dan November 2024 serta Maret dan Juni 2025.

Baca juga  Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh Tujuh Kilometer

 

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) nantinya langsung melaju ke Piala Dunia 2026, yang akan menampilkan total peserta pertama kali dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat. Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025 di mana dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

 

Lalu, untuk runner-up dari kedua grup putaran keempat akan diadu dua leg dan pemenangnya akan maju ke melalui jalur play-off yang akan berlangsung pada Maret 2026. Sementara itu, undian dari Pot 1 diisi negara-negara langganan pergelaran empat tahunan itu seperti Jepang, Korea Selatan, dan Iran. Sementara tim yang satu grup dengan Indonesia di putaran kedua, Irak berada di Pot 2 bersama Australia dan Qatar. Adapun, Indonesia menorehkan sejarah lolos ke putaran ketiga untuk pertama kalinya setelah menjadi runner-up Grup F dengan 10 poin, di bawah Irak yang sempurna dengan 18 poin. Tim Garuda merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga.

Baca juga  Baru Dua Atlet Biliar Sulut yang Lolos ke PON XX

 

Pembagian pot pengundian babak grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Pot 1

Jepang

Iran

Korea Selatan

 

Pot 2

Australia

Qatar

Irak

 

Pot 3

Arab Saudi

Uzbekistan

Jordania

 

Pot 4

Uni Emirat Arab

Oman

Bahrain

 

Pot 5

China

Palestina

Kyrgistan

 

Pot 6

Korea Utara

Indonesia

Kuwait

 

Oleh Zaro Ezza Syachniar

Editor : Junaydi Suswanto

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *