Keindahan Sunset dari Desa Budo Minut yang Serba Terjangkau

Pesona warna emas dari langit di tengah kawaasan hijau Mangrove yang ada di Desa Budo ini sangat memberikan semangat baru.

 MANADO, 10 JULI 2022 – Desa Budo, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa utara (Minut), kini makin dikenal oleh para pecinta jalan jalan di Nyiur Melambai hingga nasional internasional.

 

Bacaan Lainnya

Gaungnya makin kencang, kala desa yang letaknya sekira 24 km dari Bandara Sam Ratulangi Manado ini, masuk dalam 50 besar sebagai desa wisata unggulan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, dua bulan lalu.

 

Hal ini, wajar karena desa yang mendapat pendampingan langsung dari salah satu perguruan tinggi vokasi di Sulawesi utara (Sulut), Politeknik Negeri Manado dan International Labour Organisation (ILO), atau yang dikenal sebagai organisasi buruh internasional yang merupakan salah satu bagian dari PBB.

 

 

Selain itu, desa yang menggusung konsep alamiah dan natural ini, memang menggunakan hal hal yang serba alami untuk mendukung potensi mereka. Mulai dari pesona desa ini, dengan menjual area hijau mereka yaitu gugusan Hutan Mangrove yang berhadapan lagsung dengan si Manado Tua dan yang tidak kalah menariknya adalah pesona sunset alias saat matahari terbenamnya.

Baca juga  Ratusan Mahasiswa Polnustar – Kampass Demo Tolak TMS

 

Pesona warna emas yang dipadukan dengan alam Mangrove yang hijau dan warna air laut yang biru serta si Manado tua membuat Budo beda. Apalagi untuk kesini, semuanya asri dan tertata alias semua wisatawan tidak bisa serta merta masuk, karena harus disesuaikan dengan jumlah pondokkan, serta untuk menjaga agar tidak berdesakan serta ketersediaan menu pendukung.

 

Nah, bagi yang ingin menikmati kawasan Hutan Wisata Budo dan sunsetnya, maka siapkan waktu saja. Untuk masuk sebaiknya tidak membawa makanan dari luar, karena di pondokan disediakan aneka menu ringan yang harganya serba terjangkau.

 

Jadi, saat masuk ke kawasan ini, para pelancong dikenakan uang masuk kawasan sebesar Rp5 ribu, kemudian memilih menu ringan alami yang dimulai dari harga Rp15 ribu seperti pisang dan ubi goreng dan aneka kue kampung yag nikmat. Ada juga menu berat seperti nasi lalapan, nasi goreng, mie goreng yang dihargai per porsinya sebesar Rp27 ribu hingga Rp30 ribu. “Jika ingin menginap, kami juga menyediakan home stay yang perharinya kami sewakan sebesar Rp250 ribu,” kata Mina salah satu pengurus Badan Usahan Milik Desa (Bumdes) Desa Budo pada MANADONES siang tadi.

Baca juga  Bawaslu Minut Ingatkan Pemuda Pemudi Penyakit Politik Money

 

Lagilagi, MANADONES harus geleng kepala dan tersenyum, karena semua yang serba terjangkau ini, sangat luar biasa pesonanya.  Satu lagi, jika telah berada ditempat ini, buangalah sampah pada tempatnya. Selamat jalan jalan. (Jein Rawung)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *