Tanam Pohon di Kuwil dalam Bakti Lingkungan KAGAMA

MANADO, 28 DESEMBER 2022 – Mengkahiri tahun 2022 ini, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) yang ada di Sulawesi utara (Sulut) melakukan aksi lingkungan, Bakti Lingkungan KAGAMA di kawasan Bendungan Kuwil Kawangkoan  Desa Kuwil Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut), pagi tadi.

 

Bacaan Lainnya

Aksi hijau dengan menanam bibit pohon buah seperti durian dan rambutan ini adalah, hasil kerja sama KAGAMA Manado, dengan dukungan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Tondano, Forum DAS Sulut dan Pemkab Minut.

Baca juga  Bupati Tamuntuan Warning 145 Kapitalaung se –Sangihe
Bupati Joune Ganda saat menerima SK dari KAGAMA pusat sebagai Dewan Pembina Cabang Manado Provinsi Sulawesi Utara Masa Bakti 2019-2024, dari Ketua umum KAGAMA pusat Ganjar Pranowo.

Bupati Minut Joune Ganda yang hadir dan ikut menanam, saat sambutannya menerangkan tentang tingkat serapan karbon sektor kehutanan, serta penggunaan lahan lainnya sudah berimbang atau bahkan lebih tinggi dari tingkat emisi yang dihasilkan pada tahun 2030, atau yang dikenal dengan sebutan Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net-Sink 2030.

 

“Kegiatan penanaman yang juga berfungsi sebagai sabuk hijau, untuk keberlanjutan fungsi Bendungan Kuwil Kawangkoan,” kata Ganda yang juga menjadi dewan Pembina KAGAMA Manado periode 2019 – 2024. Ketua KAGAMA Manado Taufik Tumbelaka juga menjelaskan bahwa kegiatan lingkungan yang bekerja sama dengan berbagai pihak ini, adalah kegiatan nasional yang digelar di seluruh Indonesia, dan Sulut di fokuskan di Minut.

Baca juga  Salvador Dali ada di dalam Pantai Makalisung Minut

 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPDAS Tondano Dr Marcus Octavianus Susatyo Shut MP, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi Benny Ahadian Noor, Kepala Balai BPSILHK Manado Heru Seriawan, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Joko Iswanto, Kepala Balai KSDA Sulut Askhari Daeng Massiki, Ketua Forum DAS Sulut Dr Ir J Tasirin MsCF dan aparat Pemkab Minut lainnya. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *