Liando Ingatkan Edukasi Politik Penting untuk Masyarakat jelang Pemilu 2024

MANADO, 13 MARET 2023 – Pesta demokrasi se – Indonesia atau Pemilhan Umum (Pemilu) serentak 2024 tinggal menghitung waktu, untuk itu Dosen Ilmu Politik dan Kepemiluan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Ferry Daud Liando mengharapkan pemerintah provinsi dan kabupaten kota gencar melakukan edukasi politik pada masyarakat.

 

Bacaan Lainnya

Ini, bukan tanpa alasan, Liando menyebut pengalaman pada Pemilu 2019 lalu, perilaku pemilih cenderung pragmatis, atau sempit dan instan. Padahal sebut Liando, kedewasaan berpolitik masyarakat akan sangat menentukan kualitas pemilu, dimana kualitas calon yang akan terpilih akan sangat di tentukan oleh kualitas pemilih itu sendiri. “Kecenderungan yang terjadi pada setiap pemilu adalah prilaku pemilih yang sangat pragmatis. Banyak pilihan politik ditentukan besaran atau jumlah imbalan dari calon yang akan maju dalam pemilu,” tutur Liando, dalam seminar sehari yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulut pagi tadi di Sutan Raja Hotel, Minahasa utara (Minut).

Baca juga  Hanya PSI Sulut yang Daftar Calegnya Mewakili Suara Kaum Disabilitas, Perempuan dan Termarjinalkan

 

Dia kemudian mengurai, dampak dari imbalan ini menyebabkan makin menjamurnya institusi politik saat ini, belum banyak diisi oleh aktor-aktor politik yang mapan dan berkualitas sebagaimana ekspektasi publik. “Sebab, mereka terpilih dari sebuah proses yang buruk akibat masifnya politik uang,” tegasnya, sembari menambahkan untuk mencegah pragmatisme dari pemilih, maka diperlukan edukasi yang rutin, masif dan sistimatis oleh pemerintah daerah.

 

Seminar ini, juga menghadirkan narasumber dari  Bawasu Sulut Zulkifli Densi dan Amrain Razak dari KPU Sulut, yang sepakat agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang mampu menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang berintegritas tinggi. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *