Kaleidoskop Polimdo 2023: Capaian dan Prestasi

Upacara Peringatan Hari Pahlawan digelar di Polimdo.

MANADO, 13 DESEMBER 2023 – Sebagai salah satu perguruan tinggi (PT) vokasi terunggul di Indonesia Indonesia, Politeknik Negeri Manado (Polimdo), terus memberikan karya hingga kontribusi di dunia pendidikan.

 

Bacaan Lainnya

Rangkaian capaian dan prestasi sepanjang 2023 ini, berhasil di raih Polimdo melalui kerja keras Direktur Dra Mareyke Alelo MBA dengan dukungan penuh para wakil direktur (Wadir), yaitu Wadir I Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Wadir II Susy Marentek SE MSA dan Wadir III Wadir III Selvy Kalele SE MSi dan para pejabat serta staf Polimdo.

 

Capaian dan prestasi ini mulai dari kunjungan dan kerja sama dengan Perguruan Tinggi Nasional dan Internasional seperti Universitas Negeri Malang, Politeknik Saint Paul Sorong, PBB atau United Nation (UN), ILO, dan perusahaan terkemuka Indonesia dan dunia. Tidak ketinggalan, gebrakan prestasi para pendidik yang terus berkarya hingga mendapatkan dukungan dana melalui Program Matching Fund, begitu juga prestasi para mahasiswanya.

 

JANUARI

10 Januari 2023

Dua Pejabat Kemendikbud Ristek RI jadikan Café Polimdo Proyek Percontohan Nasional

Dua pejabat Kemendikudristek RI saat berkunjung ke Polimdo.

Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Diksi Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, DR Hendry TH Tambunan SE MA dan Inspektur Investigasi, Inspektorat Jendral Kemendikbudristek RI, Lindung SM Sirait SE MM, sepakat untuk menjadikan kawasan kampus Politeknik Negeri Manado akan menjadi contoh pengelolaan kampus Politeknik di Indonesia, saat melakukan kunjungan kerja sehari di Kampus Polimdo yang.

 

13 Januari 2023

Desa Binaan Polimdo Desa Budo Dikupas Tuntas dalam Artikel Utama di Website PBB

 

Artikel tentang keberhasilan program Polimdo di Desa Budo yang diulas oleh PBB dalam website resminya.

Desa binaan Politeknik Negeri Manado (Polimdo), yang ada di Kabupate Minahasa utara (Minut), Budo resmi masuk pemberitaan internasional yang dipublish oleh organisasi dunia, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) dalam arikel resmi mereka yang dirilis pada 7 Januari 2023 lalu. Dalam artikel yang bisa dibaca dalam di alamat https://news.un.org/en/story/2023/01/1132252, dengan judul Sunshine, sea, and sustainable tourism: Indonesian women entrepreneurs adapt to a changing world. Dalam artikel ini diuraikan peran Polimdo menjadi bagian yang luar biasa dalam penuntasan program ILO – UN di Budo.

 

17 Januari 2023

Polimdo Hadirkan Satgas PPKS dan No WA 0852-4294-5417 untuk Pelaporan

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), resmi memiliki Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, atau Satgas PPKS yang hari ini diresmikan oleh Direktur Polimdo, Dra Mareyke Alelo MBA. Tidak hanya itu, dirilis juga nomor Whatapps (WA) di 0852-4294-5417 yang diperuntukkan untuk pelaporan para korban dan saksi,tanpa menyebut identitas mereka. Menurut Alelo, ini sesuai dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No.30 Tahun 2021, tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

 

19 Januari 2023

361 Mahasiswa Polimdo Resmi Ikut Magang Hingga ke Papua

Sebanyak, 361 mahasiswa dari jurusan Akuntansi dan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado (Polimdo), secara resmi dilepas untuk Kuliah Magang (KM) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di instasi pemerintah dan swasta yang ada di Kota Manado dan sekitarnya. ara mahasiswa ini di tempatkan di Manado, Minut, Bitung, Minahasa, Tomohon, Minsel dan Sorong Papua Barat

 

FEBRUARI

13 Februari 2023

Polimdo Canangkan Gerakan Antigratifikasi

 

Direktur Polimdo dan Kordinator Humas Jubir Polimdo Stevie Kaligis SE MM Ak CA saat melakukan penandatangan pakta integritas mendukung Polimdo jadi kawasan Antigratifikasi.

Polimdo dalam membangun program Reformasi Birokrasi dengan mengembangkan budaya kerja Birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas sebagaimana amanah Permenpan RB nomor 52 tahun 2014, sebagaimana telah di ubah dengan Permenpan RB nomor 90 tahun 2021 tentang pembangunan dan evaluasi ZI menuju WBK-WBBM di Instansi pemerintah. Ini direalisasikan dengan hadirnya 23 Pejabat di Polimdodan menandatangani PI Dukung Zona Integritas Bebas Korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

 

23 Februari 2023

ILO Gandeng Polimdo untuk Proyek Pengembangan Blue Economy

 

Michiko Miyamoto, the Director of the ILO for Indonesia and Timor Leste juga ikut dalam diskusi dalam lokakarya.

International Labour Organiation (ILO) atau Organisasi Perburuhan Internasional, yang merupakan salah satu badan dibawah organisasi dunia, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), resmi meggandeng Politeknik Negeri Manado untuk pengembangan ekonomi biru atau Blue Economy di empat desa yang ada di Kabupaten Minahasa utara (Minut).

 

MARET

09 Maret 2023

Polimdo Tampil Full Team di SETE 2023

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), bersama 44 Perguruan Tinggi (PT) se Indonesia hari ini, ikut serta dalam Sulawesi Education and Techno Expo (SETE) 2023 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (PT) Wilayah XVI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dan Dinas Pendidikan Sulut.

 

16 Maret 2023

Polimdo jadi Perguruan Tinggi Pertama yang Miliki CBE Center

Setelah melakukan kesepakatan dengan dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Sulawesi Utara (Sulut), dalam bentuk Memorandum Of Agreement (MoU), maka hari ini Politenik Negeri Manado (Polimdo) resmi menjadi penyelenggaraan Computer Based Examination (CBE) Centre, hal ini sekaligus menjadikan Polimdo sebagai perguruan tinggi vokasi pertama untuk menyelenggarakan beberapa ujian sertifikasi yang dikeluarkan IAI. Dimana, untuk di sertifikasi kompetensi melalui Sertifikasi Akuntan Profesional (Chartered Accountant/CA) sebagai syarat Register Nasional Akuntan (RNA). Melalui unit  CBE Center, selain menyelenggarakan ujian sertifikasi Akuntan Profesional (Chartered Accountant/CA) juga akan melaksanakan sertifikasi lainnya seperti Ujian Sertifikasi Certified Government Accounting Associate (CGAA),  Sertifikasi Certified Government Accounting Expert (CGAE, Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS), Sertifikasi PSAK (CPSAK), Sertifikasi Certificate in Accounting, Finance & Business (CAFB), dan beberapa ujian sertifikasi keahlian khusus lainnya.

 

21 Maret 2023

Polimdo Resmi Kerjasama dengan Perusahaan Gas Industri Terbesar Indonesia

 

Penandatangan kerja sama antara Polimdo dan PT Samator yang digelar pagi tadi.

Perusahaan gas industri pertama dan terbesar di Indonesia, PT Samator Indo Gas, hari ini resmi bekerja sama dengan Politeknik Negeri Manado (Polimdo), melalui penandatanganan perjanjian kerja sama. Dimana, penandatangana perjanjian kerja sama ini, dilakukan langsung oleh Direktur Polimdo Dra Mareyke Alelo MBA sebagai wakil langsung dari Polimdo, dan dari PT Samator Indo Gas wakili oleh Director Technical and Sustainability Octavianus Santoso Rastanto.

 

APRIL

18 April 2023

Paskah Bersama di Polimdo

Sebanyak 467 warga Politeknik Negeri Manado (Polimdo), yang terdiri dari mahasiswa, staf pengajar, staf administrasi, kepala jurusan dan pimpinan utama hadir langsung dalam ibadah Perayaan Paskah yang di Auditorium Prof Tenda.

 

30 April 2023

 

Delapan Mahasiswa Polimdo Lolos ke IISMA 2023

 

Delapan mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo), berhasil  dan lulus dalam seleksi calon penerima Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Program beasiswa IISMA 2023 yang merupakan bagian dari salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bisa membuat mahasiswa merasakan kuliah di luar negeri. Mereka adalah Elizabeth Titanto  (Pariwisata) ke Phoenix Academy Australia, Tirza Kaunang (Pariwisata)  ke Phoenix Academy Australia, Aditya Mahendra (Pariwisata) ke Phoenix Academy Australia, Shania Mailoor (pariwisata) ke National Chin-Yi University of Technology di Taiwan, Glaudio Lumanauw (Elektro) ke University Of Strathclyde di Inggris, Andreyna Suwuh (Pariwisata) ke Dundalk Institute of Technology  di Irlandia, Mariani Tiwow (Administrasi Bisnis) ke Phoenix Academy di Australia, dan Emmanuel Kalalo (Akuntansi) ke University of Information Technology and Management di  Rzeszow Polandia.

 

MEI

9 Mei 2023

Kepala Kerja Sama Ekonomi Kedutaan Swiss untuk Indonesia Kunjungi Polimdo

 

Philipp Orga saat berkunjung ke laboraturium Polimdo kemarin didampingi Wadir Akademik Politeknik Negeri Manado.

Kepala Kerja Sama Ekonomi Kedutaan Swiss untuk Indonesia (Head Swiss Economic Cooperation at the Embassy of Switzerland in Indonesia), Philipp Orga berkunjung ke Politeknik Negeri Manado (Polimdo), untuk melihat lansung program kerja sama untuk energy terbarukan yang telah berjalan sejak tahun 2022 lalu. Dalam kunjungannya ini, Orga yang didampingi Wakil Direktur Polimdo Bidang Akademik, Dr Tineke Saroinsong SST MEng, melihat langsung proses belajar mengajar higga tempat praktek mahasiswa yang memilih jalur Alih Jenjang untuk Program Studi D4 Energi Terbarukan tahun ajaran 2022/2023 dengan durasi satu tahun (semester 7 dan 8).

 

13 Mei 2023

Jalan Sehat Polimdo di Semarak Bulan Merdeka Belajar

Direktur Dra Mareyke Alelo MBA, bersama Wakil Direktur Bidang Akademik  Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Susy Marentek SE MSA, dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan  Selvie Kalele SE MSi memimpin tim Politeknik Negeri Manado (Polimdo), bersama 400 mahasiswa mengikuti jalan sehat Semarak Bulan Merdeka Belajar, yang serentak digelar secara nasional oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Riset) RI, di Kawasan Megamas Manado.

Baca juga  Mahasiswa Polimdo Harus jadi Penyebar Kasih Kristus Direktur Alelo Sentil Aokigohara

 

18 MEI

Profesor Kaul Penulis Modeling and Analysis of Passive Vibration Isolation Systems Kunjungi Polimdo

 

Para mahasiswa saat berinteraksi langsung dengan Prof Sudhir Kaul PhD Pr Eng di bengkel dan laboraturium Polimdo, siang tadi.

Para mahasiswa dan mahasiswi jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado (Polimdo), dikunjungi langsung  oleh salah satu guru besar yang disegani di dunia pendidikan industri, serta seorang penulis dari buku tentang Modeling and Analysis of Passive Vibration Isolation Systems yang mengupas tentang pengembangan desain sistem getaran dan hidrolik pada kendaraan serta mekanika, Prof Sudhir Kaul PhD Pr Eng (RSA) dari Western Carolina University. Guru besar dan pengajar berdarah India ini, bersama Direktur Polimdo Dra Mareyke Alelo melihat langsung kerja para mahasiswa di bengkel terbesar yang merupakan bagian unggulan dari Polimdo sebagai kampus merdeka.

 

JUNI

5 Juni 2023

Polimdo Luluskan 313 Calon Maba dari Seleksi Jalur Mandiri Prestasi Akademik 2023/2024

Di Tahun Akademik 2023/2024 ini, Politeknik Negeri Manado (Polimdo), resmi menerima 313 calon mahasiswa baru (maba), yang berhasil lulus Seleksi Jalur Mandiri Prestasi Akademik. ke 313 calon mahasiswa ini lulus, dan nama mereka ada di dalam Keputusan Direktur Politeknik Negeri Manado bernomor 672/PL12/KP/2023, perihal Penetapan Lulus Calon Mahasiswa Tahun Akademik 2023/2024, yang dikeluarkan pada 3 Juni lalu. Bisa mengecek lansung nama dan nomor pendaftaran yang lulus bisa melalui https://polimdo.ac.id/wp-content/uploads/2023/06/SK-MANDIRI-PRESTASI-AKADEMIK-TA-2023-2024.pdf.

 

12 Juni 2023

Polimdo Wakili Indonesia di NAFSA ke — 75 yang Digelar di AS

 


Direktur Polimdo, Dra Maryke Alelo MBA saat berbincang dengan dosen dari Florence University of the Arts, Itallia di ajang NAFSA ke –75 di AS.

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), menjadi satu satunya wakil dari Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) RI, untuk menghadiri National Association of Foreign Student Advisers (NAFSA) Annual Conference and Expo 2023 ke –75,  yang digelar di Washington DC, Amerika Serikat (AS), sejak 30 Mei – 2 Juni 2023 lalu. Dalam ajang pertemuan para para pendidik tingkat dunia terbesar, yang berdedikasi memajukan pendidikan global dan networking pendidikan secara internasional ini, Direktur Polimdo, Dra Maryke Alelo MBA dan Wakil Direktur (Wadir) bidang administrasi dan keuangan Susi A Marentek SE MSi.

 

23 Juni 2023

263 Maba Resmi Masuk Polimdo usai Dinyatakan Lulus Jalur Tes SNBT TA 2023/2024

Sebanyak 263 calon mahasiswa baru (maba), resmi diterima oleh perguruan tinggi (PT) Vokasi terbaik di Sulawesi Utara (Sulut), Politeknik Negeri Manado (Polimdo), usai dinyatakan lulus di jalur tes Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun Akademik (TA) 2022/2023. pengumuman kelulusan ini berdasarkan Lampiran Keputusan Direktur Politeknik Negeri Manado Nomor 741/PL12/KP/2023 pada tanggal 20 Juni lalu. Nama nama para maba yang lulus bisa melihat langsung di alamat web Polimdo yaitu https://polimdo.ac.id/wp-content/uploads/2023/06/SK-SNBT.

 

27 JUNI

Polimdo di NPEO Palembang Raih Dua Medali

Dua mahasiswi andalan Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Fabiola Margareth Jocom dan Archelia Avril Margareth Dalisang, berhasil meraih dua medali tertinggi yaitu perak dan perunggu di National Polytechnic English Olympic ke 10, yang digelar di Politeknik Sriwijaya Palembang, pada 19 – 23 Juni lalu. Jocom, meraih Silver Medalist Novice Category of Speech Competition, sementara Dalisang meraih First Bronze Medalist Master Category of Newscasting Competition. Diajang inii Polimdo mengirimkan lima mahasiswa dan mahasiswinya, didampingi empat dosen Polimdo yaitu Dra Selvie RI Mandang MM, Drs Adolf Tonny Rasuh MHum, dan Decire Dumingkan Wagiu SS MHum.

 

JULI

5 Juli 2023

Polimdo Hadirkan Empat Jenis Penggunaan Energi Terbarukan untuk Capstone Project

 

Wakil Direktur I Bidang Akademik Polimdo, Dr Tineke Saroinsong SST MT, dan tim Polimdo mendampingi GFA Renewable Energy Skills Development (RESD) Swiss, Hugo Sager.

Mahasiwa Politeknik Negeri Manado (Polimdo), untuk jalur alih jenjang untuk program studi (Prodi) D4 Energi Terbarukan, berhasil memberikan karya terbaik untuk salah satu proyek kerja sama dengan GFA Renewable Energy Skills Development (RESD) Swiss, Capstone Project. Karya ini, dihasilkan saat kerja lapangan yaitu PV Rooftop di PLTD Lopana Minahasa Selatan (MInsel), Automatic Water Sprayers di perkebenunan Bawang Likupang Minahasa utara (Minut), PV Rooftop di Bobocha Resort Pulau Siladen Minut, serta satu project Solar Panel di rumah sebagai back up listrik pada saat black-out atau mati lampu. Hasil ini dipresentasikan dalam kunjungan lapangan selama dua hari dari tim GFA Renewable Energy Skills Development (RESD) Swiss, Hugo Sager.

 

6 Juli 2023

Polimdo Hadirkan Guru Besar dari Jackson College Amerika Serikat

Polimdo kembali didatangi oleh seorang guru besar bidang entrepreneurship dari Jackson College, Amerika Serikat (AS), Prof Ronald Betzig MBA MA, yang memberikan tambahan ilmu, pengalaman, dan wawasan, yang kekinian termasuk praktek-praktek bisnis internasional, dengan menggunakan teknologi dan media sosial. Dalam workshopnya, Prof Ronald mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan wira usahanya melibatkan perencanaan bisnis, pengembangan strategi pemasaran, analisis pasar, bagaimana melakukan customer surver dan presentasi yang efektif.

 

26 Juli 2023

Polimdo jadi PT Pertama di Sulut yang Kirimkan Mahasiswanya PKL di IKN

 

sebanyak 171 mahasisa Polimdo dilepas secara resmi oleh Polimdo siang kemarin, dimana 18 mahasiswa nya juga akan melakukan PKL di IKN.

Sebanyak 18 mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo), dari Jurusan Teknik Sipil Program Studi Sarjana Terapan Konstruksi Bangunan Gedung dan Program Studi Sarjana Terapan Teknik Jalan Jembatan, dilepas secara resmi oleh Direktur Dra Maryke Alelo MBA, untuk menjalani program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam kegiatan, yang dihadiri oleh Plh Direktur Ketentraman dan Ketertiban Umum Otorita Ibukota Nusantara (OIKN), Ronny R Pantow AjAk AP MSi secara zoom ini, berharap para mahasiswa yang terpilih bisa focus dan memberikan kemampuan terbaiknya saat PKL di IKN.

 

31 Juli 2023

Polimdo Raih Tiga Medali di Olimpiade Akuntansi Vokasi Nasional

 

Prestasi mentereng dipersembahkan oleh sembilan mahasiwa yang menuntut ilmu di Jurusan Akuntansi Polimdo, saat tampil di Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) yang digelar di Politeknik Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur, yang berlangsung pada 25 Juli hingga 28 Juli 2023 lalu. Tim mahasiswa ini mengikuti Lomba Karya Ilmiah (LKI), Cerdas Cermat Akuntansi (CCA), Dexagon War, Lomba Konten Video dan Lomba Poster. Hasilnya, di Lomba Konten Video, Tim 1 yaitu Mesyanti Tulis, Miranda Makaingat, dan Prayer Tarelluan meraih Juara 3 dengan Kategori ter-Vokasi. Begitu juga dengan Meydeline Mangoal, Putri Rongkonusa, dan Dina Gampamole yang meraih juara 3 di Kategori ter-Effort untuk Lomba Konten Video. Hasil yang sama juga diraih oleh Tim 2 Polimdo Miranda Makaingat dan Prayer Tarelluan yang menyabet juara 3 Kategori ter-Responsif. Dan, Tim 1 Polimdo yaitu Meydeline Mangoal dan Putri Rongkonusa berhasil meraih juara 3 di Kategori ter-Vokasi untuk Lomba Poster.

 

AGUSTUS

11 Agustus 2023

Polimdo dan Pemkot Bitung Tandatangani MoU untuk Peningkatan SDM

Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Dra Maryke Alelo MBA, bersama Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri, resmi menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU), atau Nota Kesepahaman tentang pengembangan pendidikan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi, pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), di Kantor Wali Kota Bitung. MoU yang ditandatangai ini adalah kesepakatan yang ruang lingkupnya meliputi pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan SDM, pengabdian pada masyarakat, pertukaran informasi, publikasi dan hasil – hasil penelitian, tenaga ahli, pemanfaatan sarana dan prasarana untuk kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

 

14 Agustus 2023

Polimdo Tuan Rumah Job Fair ke Enam Negara

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut serta PT TEI, melakukan sosialisasi dan job fair untuk para pencari kerja warga Sulut keluar negeri yang berusia mulai 18 tahun hingga 40 tahun, mampu berbicara Inggris, pekerja yang rajin. Pekerjaannya, ada di enam negara yang ada di Asia dan Eropa yaitu Dubai, Macau, Hungaria, Rumania, dan Saudi Arabia. Mulai dari sebagai staf restoran, hotel, suplier hingga pekerja di kapal pesiar.

 

17 Agustus 2023

HUT RI ke—78 Direktur Alelo jadi Inspektur Upacara

Baca juga  Luis de la Fuente sebut Ruiz Pemain Berpengaruh di Permainan Spanyol

 

Direktur Polimdo saat tampil sebagai Irup dalam Upacara Kemerdekaan RI.

Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Dra Mareyke Alelo MBA, yang tampil sebagai inspektur upacara (Irup), dalam Upacara HUT ke –78 Kemerdekaan RI di Lapangan Kampus Polimdo, Kairagi, membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek RI, Nadiem Makarim. Disini diingatkan tentang Merdeka Belajar, dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia.

 

SEPTEMBER

1 September 2023

375 Mahasiswa Polimdo Diwisuda

 

Sebanyak 375 mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di Kampus Politeknik Negeri Manado (Polimdo), resmi diwisuda dalam agenda Sidang Terbuka Senat Wisuda Polimdo, untuk para wisudawan dan wisudawati di Program Diploma III dan Sarjana Polimdo. Disini, diingatkan oleh  Direktur Polimdo, Drs Maryke Alelo MBA, para wisudawan untuk mulai berpikir kreatif, dengan tidak melulu berpikir menjadi pekerja kantoran saja.

 

7 September 2023

Polimdo lakukan MoU dan PKS dengan PT Hasjrat Abadi Manado

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), melalukan penandatanganan MoU dan PKS Rekruitment dengan PT Hasjrat Abadi Manado. Dalam kegiatan, yang digelar di lantai III Kampus Polimdo Manado, dan dilakukan langsung oleh Direktur Polimdo, Dra Maryke Alelo MBA, dan PT Hasjrat Abadi melalui Kepala Departemen Organisasi Development Sisilia Puspitasari.

 

13 September

Polimdo Satu satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang Diakui PADI

Salah satu, organisasi pelatihan selam kenamaan dan terbesar di dunia, Professional Association of Diving Instructors (PADI), secara khusus memberikan penghargaan pada Politeknik Negeri Manado (Polimdo), atas jalinan kerja sama yang baik dan terstruktur sejak 10 tahun lalu. PADI, memberikan piagam secara langsung, dan ungkapan terima kasih atas kontribusi Polimdo memberikan pelatihan selam, dengan mengenalkan teknik terbaik dari PADI melalui kegiatan kuliah yang terukur pada mahasiswa sejak 2013 lalu.

 

21 September 2023

Direktur Polimdo Presentasikan Likupang pada Peserta Australia Award Indonesia

 

Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Dra Maryke Alelo MBA, diundang menjadi salah satu dari lima pemateri bagi para peserta batch 8 dari program Australia Award Indonesia tahun 2023. Dikegiatan yang digelar di Bintang Flores Hotel, Labuan Bajo, Alelo mempresentasikan tentang Likupang Minahasa Utara (Minut), yang disusunnya dalam bentuk materi presentasi yang bertajuk The Development of Likupang. Dia, menjelaskan tentang potensi sumber daya alam Likupang yang dikolaborasikan dengan sumber daya manusia melalui kerja sama dengan perguruan tinggi, Polimdo, bisa mengubah kawasan cantik ini bernilai ekonomi dan mensejaterahkan masyarakatnya. Alelo sendiri, dihadirkan dan diundang khusus bersama para ahli pariwisata dunia lainya seperti Prof Bill Carter dari Sunshine Coast University Australia, Prof Noel Scott dari Sunshine Coast University Australia, Prof Sarah Gardiner dari Griffith University Gold Coast Australia dan Reiza Miftah Wirakusuma dari Griffith University Australia.

 

OKTOBER

6 Oktober 2023

Lima Mahasiswa Polimdo Ciptakan Alat untuk Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir

 

Para mahasiswa dan dosen Polimdo bersama Lurah Ternate Tanjung saat memantau kondisi DAS yang ada di kawasan rawan, siang kemarin.

Lima mahasiswa Jurusan Teknik Elektro untuk Program studi (Prodi) Diploma III Teknik Komputer di Politeknik Negeri Manado (Polimdo), berhasil menghasilkan karya terbaik yang berdampak positif pada masyarakat. Kelimanya yaitu Gentri Pasaribu, Anjelike Mendome, Juan Methusala, Musdalifa Amir dan Putri Rorimpdey menghasilkan sebuah sistem peralatan yang berguna untuk masyarat, yang tinggal di kawasan rawan banjir. Dengan bantuan, dan dukungan dari dosen pembimbing sekaligus Sekretaris jurusan (Sekjur) Teknik Elektro, Marson James Budiman SST MT PENS.

 

12 Oktober 2023

WMK Merdeka Polimdo Hadiri Manado High Street Market 2023 Polimdo Full

Mahasiwa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang berhasil masuk sebagai Wirausaha Merdeka, yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Riset) RI Indonesia, ikut ambil bagian dalam kegiatan Manado Hight Street Market 2023 di ManadoTown Square.

 

20 Oktober 2023

Bantu Warga Desa Wiau Polimdo Terapkan Teknologi PLTMH dari Program Matching Fund

 

Wakil Direktur Bidang Akademik, Polimdo, Dr Tineke Saroinsong SST MEng, saat melakukan persiapan pemasangat PLTMH di Wiau.

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), terus menjadi pendukung penuh dari pemerintah, untuk memberikan karya terbaik mereka yang bisa digunakan oleh masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Tim Polimdo yang dipimpin Wakil Direktur Bidang Akademik, Dr Tineke Saroinsong SST MEng, siang tadi melakukan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH), yang ramah lingkungan di Desa Wiau, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Ini dilakukan untuk penerapan dari teknologi pemanfaatan air sungai untuk dijadikan sumber energy listrik bagi desa. Pemasangan PLTMH ramah lingkungan ini, diungkapnya juga sebagai hasil kerja sama memalui program Matching Fund antara pihak Kampus, dan Desa Wiau. Selain itu, dia juga menyebut Desa Wiau kekurangan pasokan Listrik dari PLN.

 

28 Oktober 2023

Direktur Mareyke Alelo Ingatkan Lagi Arti Sumpah Pemuda

Di Hari Sumpah Pemuda, Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Dra Mareyke Alelo MBA, mengajak semua di Polimdo mampu mempelihatkan kemampuan terunggul, dalam memberikan yang terbaik di dunia pendidikan dan masyarakat sekitar, dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Pusat Polimdo, Manado.

 

NOVEMBER

6 November 2023

Polimdo Ikut Hadirkan Peluncuran dan Diskusi Publik untuk Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah Provinsi Sulut

 

Direktur Polimdo sekaligus sebagai Ketua KPTV Sulut, Dra Mareyke Alelo MBA saat memberikan sambutan, pagi tadi.

Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) sekaligus sebagai Ketua Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi (KPTV) Sulawesi Utara (Sulut), Dra Mareyke Alelo MBA mengingatkan pentingnya dunia vokasi nasional untuk mengikuti arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Dikatakan oleh Alelo, arahan Jokowi sangat jelas, dimana usai kunjungannya di Jerman, beberapa waktu lalu, Jokowi menyebut pendidikan vokasi harus terus didorong untuk menghasilkan SDM yang berkelas.

 

 

10 November 2023

Warna Nusantara di Dies Natalis ke –36 Polimdo

Aksi dan atraksi meriah, dengankostum warna warni terlihat di Kampus Politeknik Negeri Manado (Polimdo), dalam perayaan Dies Natalis ke –36 Polimdo. Terlihat staf dan para mahasiwa di perguruan tinggi (PT) Vokasi terbaik yang ada di Nyiur Melambai ikut ambil bagian.

 

15 November 2023

Program Matching Fund Polimdo Hadirkan mylikupang.com dan Marketplace Mylikupang.id

Politeknik Negeri Manado (Polimdo), terus memberikan kontribusi, pada masyarakat daerah terlebih pada salah satu kawasan wisata andalan daerah ini, Likupang, Minahasa Utara (Minut), kali dengan batuan program Matching Fund, dihadirkanMylikupang.com dan Marketplace Mylikupang.id, yang merupakan akses digital yang dikelola untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan pariwisata yang ada di area Super priortas di Indonesia ini.

 

DESEMBER

1 Desember 2023
Polimdo Dikunjungi Universitas Negeri Malang

Polimdo, menjadi salah satu Perguruan Tinggi (PT) Vokasi yang terdepan dan menjadi bagian ppercontohan untuk Benchmarking rencana kerja pengembangan vokasi di Universitas Negeri Malang, yang hadir melakukan kunjungan.

 

4 Desember 2023

Program WMK Merdeka Polimdo 2023 Resmi Ditutup

Program Wirausaha Merdeka (WMK) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) 2023, resmi diberakhir dan ditutup. Sebanya 395 mahasiswa dan mahasiswi, Polimdo yang dipilih mengaku bangga bisa mengikuti program  WMK Polimdo 2023. Sebagian besar dari mereka, mengaku mendapat pengetahuan baru hingga mendorong mereka untuk terjun membuka usaha baru.

5 Desember 2023

Politeknik Katolik Saint Paul Sorong Studi Banding dan MoU dengan Polimdo

 

Direktur Politeknik Katolik Saint Paul Sorong, Vincen Nuhuyanan (kiri) saat mendatangani MoU bersama Wadir I Polimdo Dr Tineke Saroinsong SST MEng.

Politeknik Katolik Saint Paul Sorong, Papua Barat Daya belajar tetang g informasi sistem penjaminan mutu pendidikan, maka Politeknik Saint Paul Sorong, Papua Barat Daya selama dua hari melakukan studi banding di Politeknik Negeri Manado (Polimdo), serta melalukan MoU.

 

 

8 Desember 2023

Polimdo Hadirkan Semnas PTUV ke—3 dan Seminar Hasil Penelitian dan PKM

 

Dari kiri ke kanan: Ketua Tim Kerja Semnas PTUV ke –3 Steve SM Supit ST MEng PhD, Direktur Politeknik Semarang Prof Dr Tutek Prasetyo,
Wali Kota Manado Andrei Angouw Wakil Direktur Polimdo Bidang Akademik, Dr Ir Tineke Saroinsong, Kapus P3M Polimdo Dr Ir Jeanely Rangkang MEng Sc, saat pembukaan kegiatan ini.

Sebanyak 104 penelitian dan 82 pengabdian, yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo), tadi dikupas dan digaungkan secara nasional. Tidak tanggung tanggung, hasil karya yang berguna secara langsung ke masyarakat umum, masuk dalam Seminar Nasional (Semnas) Produk Terapan Unggulan Vokasi (PTUV) ke—3 dan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian ke Masyarakat Polimdo, yang digelar pagi hingga sore. Prof Dr Tutek Prasetyo, Direktur Politeknik Semarang yang hadir sebagai pembicara utama bersama Prof Noel R Scot  dari Sunshine Coast University Australia. Di Semnas ini, Prasetyo mengungkapkan, hasil penelitian terapan aplikatif para pendidik dan mahasiswa Polimdo dituntut untuk makin bisa digunakan secara lansung dan mudah oleh masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *