Gunung Ruang Erupsi Lagi, Tinggi Abu Panas Capai 1.125 Meter

Erupsi Gunungapi Ruang.

MANADO, 19 APRIL 2024 – Gunung Ruang kembali erupsi, pada pukul  17.06 Wita.

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Ruang yang diterima MANADONES belum lama ini, dijelaskan erupsi ini juga mengeluarkan abu teramati yang kurang lebih 400 meter di atas puncak, atau mencapai ketinggian 1.125 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan.

 

Erupsi masih berlangsung saat ini, dan status Gunung Ruang berada pada Status Level IV (Awas), untuk itu direkomendasikan pada masyarakat tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. Bagi masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km. Mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.

Baca juga  BNBP: Gempa M 5,4 Jayapura Sebabkan 700 Orang Mengungsi

 

Masyarakat juga dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Selain itu, masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id. (graceywakary)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *