PM Spanyol Putuskan Lanjut Bertugas di Tengah Dugaan Korupsi Istrinya

Arsip foto - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (kanan) dan istri Maria Begona Gomez Fernandez (kiri) berjalan saat menghadiri Welcoming Dinner and Cultural Performance KTT G20 di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). (Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/wsj.)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JENEWA, 29 APRIL 2024 (ANTARA) – Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Senin menyatakan akan tetap menjabat sebagai perdana menteri di tengah penyelidikan dugaan kasus korupsi yang menjerat istrinya, Begona Gomez.

 

Sembari menegaskan bahwa dirinya akan terus bertugas, Sanchez menyebut bahwa tuduhan terhadap istrinya tersebut merupakan suatu bentuk pelecehan. “Saya memutuskan dengan tekad yang semakin kuat untuk melanjutkan tugas sebagai Presiden Pemerintah Spanyol,” kata Sanchez. Presiden Pemerintah Spanyol merupakan nama resmi jabatan perdana menteri di negara itu. Ia juga menyatakan telah menginformasikan keputusannya tersebut kepada raja Spanyol Felipe VI. Sanchez pada Rabu (24/4) menyatakan cuti sementara untuk “merenungkan” keberlanjutan kepemimpinannya menyusul penyelidikan terhadap dugaan pidana korupsi dan penyalahgunaan pengaruh yang menjerat istrinya.

Baca juga  Serunya Penutupan Festival Tuna Sulawesi Utara 2023

 

PM Spanyol itu juga menuduh partai oposisi di Parlemen Spanyol telah bersekongkol dengan pihak yang berniat menjatuhkan istrinya dan dirinya. Saat itu, ia berjanji akan mengumumkan keputusannya apakah akan terus melanjutkan tugas sebagai perdana menteri atau mengundurkan diri pada 29 April. Pernyataan tersebut disampaikan Sanchez menyusul dimulainya penyelidikan terhadap Gomez oleh pengadilan Madrid. Penyelidikan tersebut dilakukan berdasarkan laporan terhadap Gomez yang disampaikan oleh serikat pekerja sayap kanan Manos Limpias.

Sumber: Anadolu

Oleh Nabil Ihsan

Editor : M Razi Rahman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *