PLN Suluttenggo Gerak Cepat Normalkan Sistem Kelistrikan Tagulandang

Kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tagulandang yang dipenuhi abu erupsi Gunung Ruang yang memerlukan pembersihan, di Tahulandang, Rabu (1/5/2024). ANTARA/Humas PLN.

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

MANADO, 1 MEI 2024 (ANTARA) – PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) bergerak cepat menormalkan kembali sistem kelistrikan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, dampak semburan abu vulkanik Gunung Ruang.

 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) Ari Dartomo, di Manado, Rabu, mengatakan instruksi darurat sudah diberikan dengan memperhatikan situasi di lokasi dampak erupsi serta keselamatan petugas. Namun dalam aksi pengamanan, Manajemen PLN UID Suluttenggo juga sudah menyusun persiapan untuk menormalkan kembali sistem kelistrikan Tagulandang yang terdampak. Dia mengatakan, skema ini disusun mulai dari tahap survei, penyediaan material, eksekusi penormalan hingga penyediaan bantuan bagi masyarakat korban erupsi Gunung Ruang. “Kami sedang mematangkan skema aksi tanggap darurat yang akan dilaksanakan di lokasi terdampak agar eksekusi dapat berlangsung lancar,” kata Dartomo.

Baca juga  IOH dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence

 

Terkait bantuan yang akan diberikan, Dartomo menyampaikan pihaknya memantau bersama Posko Bencana Alam Erupsi Gunung Ruang Pemprov Sulut untuk kebutuhan utama yang diperlukan pengungsi di lokasi. “Kami memantau terkait jenis bantuan yang akan diberikan yang paling dibutuhkan oleh pengungsi, sehingga bantuan pun tepat sasaran,” kata Dartomo. Hingga saat ini PLN sudah menyalurkan total 900 paket sembako dan 400 boks masker saat erupsi pertama terjadi. Untuk bantuan lanjutan pada erupsi kali ini sedang disiapkan oleh pihak PLN menindaklanjuti kebutuhan sambil berkoordinasi dengan Posko Bencana Alam Erupsi Gunung Ruang. Ari Dartomo pun menunjuk Senior Manager Distribusi dan Manager Pembangkitan PLN UID Suluttenggo Husein Sobri dan Robby Mandagi sebagai Penanggung Jawab dan Ketua Tim “Recovery” Sistem Kelistrikan Pulau Tagulandang. Penunjukan ini sebagai upaya dalam memperkuat komando tim tanggap darurat pemulihan sistem kelistrikan di Pulau Tagulandang. “Kami berkomitmen agar dapat memberikan kontribusi maksimal khususnya dalam penyediaan listrik di lokasi-lokasi kritis di Pulau Tagulandang,” ujar Dartomo.

Baca juga  Basarnas Nyatakan Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang Berjalan Lancar

 

Ari Dartomo pun mendoakan agar situasi dapat segera kondusif, sehingga tahapan pemulihan kelistrikan di Tagulandang dapat berlangsung aman baik bagi petugas tanggap darurat PLN maupun bagi masyarakat. “Kami mendoakan dengan penuh simpati dengan kondisi bencana yang terjadi agar situasi dapat segera terkendali dan kembali aman bagi semua pihak,” kata Dartomo. Erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulut terjadi lagi setelah diturunkannya status dari Level IV ‘Awas’ menjadi Level III ‘Siaga’ oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada 22 April 2024 pukul 09.00 WITA. Karena hal ini, PVBMG kembali menaikkan statusnya pada Level IV ‘Awas’. Erupsi Gunung Ruang terjadi lagi pada Selasa (30/4) subuh pukul 03.35 WITA, dengan tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter di atas puncak.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Editor : Budisantoso Budiman

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *