Inggris ke Semifinal Setelah Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti

Para pemain Inggris merayakan keberhasilan timnya memenangkan adu penalti dalam laga perempat final antara Inggris dan Swiss di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, pada 6 Juli 2024. (AFP/ADRIAN DENNIS)

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

JAKARTA, 7 JULI 2024 (ANTARA) – Inggris melaju kesemifinal Euro 2024 setelah menyingkirkan Swiss lewat drama adu penalti dengan skor 5-3 (1-1) pada babak perempat final di Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Minggu dini hari WIB.

 

Swiss unggul terlebih dahulu melalui Breel Embolo tapi tak lama kemudian disamakan Inggris  lewat tendangan Bukayo Saka. Skor 1-1 bertahan selama 120 menit sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti. Inggris akan melakoni laga semifinal Euro 2024 menghadapi Belanda atau Turki di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) pukul 02.00 WIB. Pada babak pertama Inggris langsung mendominasi pertandingan, namun The Three Lions kerap menemui kesulitan dalam membongkar lini pertahanan Swiss. Inggris kerap beberapa kali melancarkan serangan dari sisi sayap maupun tengah, akan tetapi dapat diblok oleh barisan pertahan skuad asuhan Murat Yakin. Skuad asuhan Gareth Southgate juga beberapa kali melakukan tendangan dari luar kotak penalti, namun kerap gagal.

Baca juga  Diskusi Publik Polimdo dan Anggota Konsorsium PTPPV di Sulut akan Bahas Dua Tujuan ini

 

Sementara itu, Swiss sesekali melancarkan serangan ke lini pertahanan Inggris, namun juga kerap menemui halauan dari barisan belakang sehingga skor 0-0 bertahan sampai turun minum. Pada babak kedua, Inggris kembali mengambil inisiatif menyerang, namun tak menciptakan peluang membahayakan. Swiss menciptakan peluang melalui serangan balik ketika Breel Embolo melepaskan tendangan tapi bisa dihalau kiper Inggris Jordan Pickford. Pada menit ke-75, Swiss memecah kebuntuan setelah umpan Dan Ndoye yang terkena John Stones dikonversi menjadi gol oleh Embolo sehingga kedudukan 1-0 untuk Swiss. Lima menit kemudian Inggris  menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tendangan terukur Bukayo Saka membobol gawang Swiss yang dijaga oleh Yann Sommer.  Pada sisa babak kedua, kedua tim beberapa kali menciptakan peluang, namun hingga peluit panjang dibunyikan tak gol lagi yang tercipta sehingga pertandingan harus dilanjutkan babak tambahan.

Baca juga  Lindungi 271.465 Pekerja Rentang Gubernur OD Optimistis di Paritrana Award 2022

 

Pada babak tambahan pertama, Inggris mendapatkan dua peluang lewat tendangan Declan Rice dan Jude Bellingham, namun keduanya dapat diselamatkan oleh Sommer. Selanjutnya pada babak tambahan kedua, giliran Swiss yang kerap memberikan ancaman, salah satunya lewat sepak pojok Xherdan Shaqiri yang membentur tiang gawang Inggris. Swiss kembali menciptakan peluang emas lewat tendangan keras Zeki Amdouni, namun bola dapat dimentahkan oleh Pickford, sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Pada babak adu tendangan penalti, Inggris keluar sebagai pemenang dengan skor 5-3 setelah tendangan penendang pertama Swiss Manuel Akanji dihalau oleh Pickford.

Pewarta : Aldi Sultan

Editor : Jafar M Sidik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *