MANADO — Jangan hanya menggunakan media sosial sekelas Facebook, Instagram dan Whatsapp sebagai update status saja. Di Facebook ada beragam fitur, yang membantu penggunanya untuk bisa memperkenalkan dan menjual produk usaha andalan.
Dan ini ditegaskan oleh Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) Bidang Usaha Kecil Menengah, Ivanry Matu dalam diskusi bersama media massa, dengan agenda kegiatan Facebook Laju Digital di Manado, Rabu (6/3) lalu di Sintesa Peninsula Hotel. “Usaha saya kini bisa bertahan dan maju, salah satunya adalah karena penggunaan media social seperti Facebook,” ujar Ivanry yang juga dikenal sebagai pengusaha rumah makan rasa laut, Ocean 27 yang sukses di kota ini.
Baginya, Facebook telah menjadi sumber inspirasi, informasi dan motivasinya, untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berusaha serta memperhatikan kualitas. “Jadi jangan gunakan Facebook dengan status hoax ataupun ujaran kebencian. Gunakanlah media social untuk menolongmu dalam berusaha dan menjual produk terbaikmu disana. Menggunakan Facebook dengan benar, bertanggungjawab maka ini akan membangunya untuk membangun kerajaan bisnismu dan membina jaringan di seluruh dunia, tanpa terkecuali,” tegasnya.
Kemudahan dalam Facebook bagaikan iklan tidak berbayar, inipun diakui oleh owner dan penggagas salah satu komunitas kegiatan wisata yang popular di Nyiur Melambai, Wisata Sulut Jefri Kalangit. “Usaha saya sebenarnya ingin agar Sulut dikenal lebih sekadar Bunaken. Kami memiliki banyak pulau yang indah dan menarik. Dan dari Facebook kami mulai menjual ide dan keindahan alam ini,” aku Kalangit.
Dia juga sempat kaget dengan awalnya membuka fanpage di Facebook, karena mendapatkan pengikut yang mencapai angka 20 ribu pengguna akun Facebook. “Tapi lama kelamaan saya sadar jika Facebook akan membuat usaha kami makin baik. Bagi saya usaha yang saya lakukan ini juga bisa berkontribusi pada pelaku bisnis lainnya,” tambahnya yang menyebut trip antarpulau yang dilakukannya tiap pekan mengharuskan para clientnya membeli produk makanan atau oleh oleh khas dari masyarakat pulau yang mereka kunjungi.
Facebook Laju Digital yang digelar selama sehari Manado diharapkan, bisa membantu pemerintah, pelaku usaha kecil menengah, komunitas serta generasi muda untuk makin berkembang.
Kota ini sendiri, disebut oleh perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan kawan kawannya sebagai kota ke-12 dari rangkaian kampanye nasional mereka. “Ini untuk membantu smua lapisan masyarakat di Sulut untuk sukses di era digital,” terang Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines – Facebook, Ferdy Nandes. Di kampanye ini memang ditujukkan untuk keterampilan digital dari para pencari kerja, pelaku usaha, instansi pemerintah, komunitas, siswa setingkat SMA/SMK.(*)