Tolitoli Diguncang Gempa Tektonik M2.8 Warga Diminta Jangan Panik

MANADO, 18 SEPTEMBER 2022 – Gempa bumi tektonik, malam tadi sekira pukul 21.37 Wita, mengguncang kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah (Sulteng).

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada media dijelaskan bahwa gempa ini, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 2.8. Dimana, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.02 LU – 120.72 BT atau tepatnya berlokasi di Laut Sulawesi, 11 km arah barat Tolitoli (Kab. Tolitoli),  Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 5 km.

Baca juga  Bupati Jabes Tinjau Infrastruktur Terdampak Bencana

 

Di siaran pers ini, diterangkan juga bahwa, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas  sesar lokal setempat. Dengan, getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti getaran seakan-akan ada truk berlalu. Dan, hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini, tidak berpotensi tsunami.

 

Untuk itu, BMKG dalam siaran pers nya juga menghimbau pada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti instagram/Twitter @infoBMKG), website  di https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *