Lintas Utara Institute Gelar Dialog Gagasan Calon Legislatif Tahun 2024 untuk Para Caleg dari Sangihe

TAHUNA, 18 JANUARI 2024 – Lintas Utara Institute, sebagai lembaga sosial budaya, yang berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, akan menggelar Dialog Gagasan Calon Legislatif 2024, pada Sabtu, 20 Januari 2024, di Taman Teletubbies Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna.

 

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang menggandeng beberapa media massa lokal dan nasional ini, akan menguas langkah dan strategi para calon legislatif untuk DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI. Menurut, Ketua Panitia Dialog Gagasan Calon Lagislatif 2024, Ronny Serang, memasuki Pemiliha umum (Pemilu) Legislatif pada Februari mendatang, tugas berat dihadapi oleh setiap caleg yang berkomitmen untuk menjadi suara masyarakat,di wilayah Nusa Utara (Sangihe, Talaud dan Sitaro) dan khususnya di daerah pemilihan Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri. Dia menjelaskan, sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi, terciptanya dialog antar calon legislatif di Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi suatu keharusan. “Gagasan-gagasan yang tercipta dari setiap figur calon harus dihadirkan dalam sebuah wadah dialog yang bersifat konstruktif. Dalam konteks ini, Lintas Utara Institute, sebuah lembaga sosial budaya yang berbasis di Kabupaten Kepulauan Sangihe, hadir sebagai penyelenggara dialog,” jelas Serang.

Baca juga  AS Masih Tunggu Tanggapan Bermakna Hamas terhadap Gencatan Senjata

 

Disebut juga, perlunya dialog antar gagasan calon legislatif tidak hanya menjadi tantangan, tetapi juga merupakan langkah strategis menuju terbentuknya perwakilan yang kuat dan efektif. “Dalam dialog ini, masyarakat Sangihe dapat memahami dengan lebih baik visi dan misi masingmasing calon legislatif, serta menilai sejauh mana komitmen mereka dalam memperjuangkan suara rakyat di DPRD dan DPR RI serta DPD RI. Dialog ini bukan sekadar forum presentasi, melainkan sebuah panggung dinamis di mana ide-ide dan solusi konkret dapat bersinggungan, berkembang, dan dipertimbangkan,” urainya.

 

Serang menginginkan, partisipasi aktif masyarakat dalam dialog ini diharapkan dapat membentuk arah kebijakan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan lokal. Gagasan dan komitmen yang terungkap dalam dialog ini menjadi fondasi bagi transformasi legislatif yang berdaya guna dan membawa dampak positif bagi masyarakat Sangihe.Melalui upaya bersama ini, dirinya mengajak seluruh masyarakat Sangihe untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi, memilih calon legislatif yang memiliki visi jelas dan komitmen nyata untuk memajukan dan melindungi kepentingan masyarakat.

Baca juga  Ijin Usaha PT FEC Shopping Indonesia Dicabut

 

Sedangkan untuk tujuan dilaksanakannya Dialog Gagasan Calon Lagislatif, Diaenjelas, guna, meningkatkan Keterlibatan Masyarakat dalam Proses Demokrasi. Kegiatan dialog ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam proses demokrasi, khususnya dalam pemilihan legislatif 2024. “Dengan menyediakan platform dialog yang terbuka, masyarakat diharapkan dapat lebih memahami visi, misi, dan komitmen calon legislatif, serta merasa lebih terlibat dalam memilih wakil rakyat yang benar-benar mewakili kepentingan mereka,” ungkapnya. Tak hanya itu, dialog ini bertujuan untuk menjadi katalisator dalam menciptakan perwakilan legislatif yang lebih responsif dan inklusif terhadap kebutuhan masyarakat Sangihe. Bahkan dijelaskannya pula, dari dialog ini dapat memupuk semangat Kolaboratif dan transformasi legislatif, Dialog gagasan ini diarahkan untuk memupuk semangat kolaboratif di antara calon legislatif dan masyarakat Sangihe. (Ryansengala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *