Pj Bupati Rinny Tamutuan Bangga Bataha Santiago Resmi Dianugerahi Pahlawan Nasional

Pj Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan didampingi Ketua DPRD Sulut, dr Andi Silangen yang hadir dalam penganugerahan gelar pahlawan nasional pada Raja Bataha Santiago oleh Presiden RI di Istana siang tadi.

TAHUNA, 10 NOVEMBER 2023 – Raja Sangihe, Bataha Santiago, siang tadi akhirnya resmi mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

 

Bacaan Lainnya

Ini diberikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) siang tadi di Istana Negara, Jakarta. Pj Bupati Sangihe, dr Rinny Tamuntuan bersama Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus A Silangen SpB KBD, ikut hadir dalam penganugerah gelar pahlawan ini bersama keluarga Raja Sangihe. Tamuntuan mengaku bangga sekaligus terharu, karena gelar pahlawan pada raja ini, amat berliku.

Baca juga  Konflik Sopir Angkot dan Anggota Lanal Tahuna Berakhir Damai

 

Diakui Tamuntuan, nama Santiago sudah diusulkan sejak 15 tahun lalu, namun tersendat pada birokrasi. Saat dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Sangihe, sekaligus sebagai Kepala Dinas Sosial Sulawesi Utara (Sulut), dorongan meneruskan pengusulan ini ke tingkat nasional dilakukan. “Memang sejak 15 tahun yang lalu sudah ada pengusulan, namun belum disetujui. Lalu pada tahun 2021, Dinas Sosial Sulut kembali  mengusulkan dan belum berhasil,” tuturnya.

 

Dia kemudian menguraikan bahwa, usaha yang sama kembali dilakukannya pada 2022. Di tahun ini,  melalui tahapan sidang yang diketuai Menko kemudian melalui perjuangan Gubernur Sulut, dan ketua DPRD Sulut, akhirnya Bataha Santiago menjadi pahlawan Nasional. “Sebagai PJ Bupati Sangihe, tentu sangat  bersyukur dengan ditetapkannya Bataha Santiago, sebagai Pahlawan Nasional. Ini menjadi kebanggaan kita bersama dan perjuangan serta kerjasama dari semua pihak,” Kata Tamuntuan.

Baca juga  90 Siswa SMAN 1 Tahuna Hadiri Sosialisasi UTBK Mandiri-T2 Unsrat

 

Raja Bataha Santiago sendiri dikenal sebagai pemimpin Kerajaan Sangihe, yang menggagas perlawanan melawan penjajahan, terutama terhadap upaya ekspansi VOC untuk menguasai wilayah Kepulauan yang kaya akan rempah-rempah. Bataha memiliki semangat patriotik yang mengilhami rakyatnya untuk menentang dan menolak segala bentuk imperialisme di tanah Tampungang Lawo. Pengumuman resmi ini, Raja Bataha datang melalui Surat dari Kementerian Sekretariat Negara RI yang datang pada tanggal 3 November 2023, lalu.  (Ryansengala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *