Telat Ganti Oli Merugikan Motor Ini Empat Hal yang Wajib Diwaspadai versi AHM

Tips dari AHM -- DAW ganti oli amat penting untuk motor.

MANADO, 13 FEBRUARI 2024 – Mengganti oli motor secara teratur, akan membuat motor semakin terlindungi dan selalu prima, namun efek tak baik alias merugikan akan terjadi, jika perawatan ini diabaikan.

 

Bacaan Lainnya

Pasalnya, oli di dalam ruang mesin akan terkontaminasi oleh partikel debu, kotoran, dan zat-zat kimia yang dihasilkan ketika mesin bekerja, ini menyebabkan kemampuan pelumasan oli berkurang dan bisa mengakibatkan gesekan berlebih pada komponen mesin. Dilansir dari laman astra-honda.com, berikut adalah beberapa efek yang bisa terjadi jika sering telat mengganti oli motor. Pertama, penurunan kinerja mesin, disini pengendara mungkin akan merasakan penurunan akselerasi, daya tarik, dan responsivitas mesin. Kedua, panas berlebih (overheat), oli mesin juga berperan dalam menyerap, oli yang tidak mampu menahan suhu tinggi dapat mengakibatkan panas berlebih pada mesin, kondisi ini berpotensi merusak dan memerlukan perbaikan yang mahal.

Baca juga  AHM Segarkan Tampilan Honda Vario 160

 

Ketiga, Ketahanan mesin berkurang, dimana gesekan berlebih yang disebabkan oleh oli yang tidak optimal dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin seperti piston, ring piston, dinding silinder dan poros engkol yang merupakan komponen penting dalam sebuah rangkaian mesin. Keempat, konsumsi BBM menjadi boros, ketika oli tak rutin diganti dengan yang baru, mesin seperti dipaksa bekerja lebih berat di kondisi ini, gesekan antar komponen dan suhu mesin akan semakin tinggi, membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

 

Perlu diketahui, setiap tipe motor memiliki interval yang berebeda dalam penggantian oli. Gunakanlah AHM Oil yang telah diformulasikan untuk mesin motor Honda. Jangan lupa juga, untuk membawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat guna mendapatkan pemeriksaan dan perawatan rutin dari ahlinya.  “Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan bengkel AHASS jika merasa ada bagian sepeda motor yang tidak berfungsi dengan baik”, ujar Technical Service Dept Head PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), Ridwan Suwandie, seperti dikutip dalam siaran pers DAW. (graceywakary)

Pos terkait