Gunung Ruang Meletus Lagi Erupsi Capai 2.000 Meter

Gunung Ruang erupsi subuh tadi.

MANADO, 30 APRIL 2024 – Gunung Ruang, kembali erupsi subuh tadi, pada 01.15 Wita, yang mengakibatkan erupsi dengan tinggi kolomerusi mencapai 2.000 meter dari atas puncak Gunung Ruang yang diserta suara gemuru terus menerus.

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers yang diterima MANADONES pagi tadi, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, yang ditandatangani langsung oleh Kepala Badan Geologi Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendra Gunawan, menerangkan bahwa aktivitas ini membuat level gunung api yang ada di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro dijadikan level IV atau Awas sejak pukul 01.30 Wita tadi.  Atas hal ini, masyarakat yang ada di radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang waspada dan wajib untuk dievakuasi ketempat yang lebih aman di luar radius 6 km tersebut.

Baca juga  Pemkab Sangihe Tetapkan Siaga Darurat karena Cuaca Ekstrim

 

Masyarakat di Pulau Tagulandang, diterangkan dalam siaran pers ini khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut atau runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut. “Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan,” papar Hendra dalam siaran pers. (graceywakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *