Indonesia Digital Test House Diresmikan Presiden Jokowi

Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

MANADONES, 7 MEI 2024 – Presiden Joko Widodo (Jokowi), siang tadi meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH), yang berada di Depok Jawa Barat.

 

Bacaan Lainnya

Dalam peresmian ini, Jokowi memberikan arahan secara terbuka, agar Indonesia harus bisa beralih dari konsumen menjadi produsen di industri teknologi global. “Nilai impor saat ini mencapai lebih dari Rp30 triliun. Dari total 320 pemasok global Apple juga baru dua yang berasal dari Indonesia, dan masih berbanding jauh dengan negara ASEAN lainnya,” ujar Presiden dua periode ini, sembari menegaskan, Indonesia tidak boleh terus menerus didominasi impor. Indonesia harus jadi pemain di pasar ini, dan partisipasi pemasok lokal pun harus ditingkatkan.

Baca juga  Masyarakat Pesisir Diimbau Waspada Gelombang Tinggi Hingga Enam Meter

 

Hadirnya IDTH ini, sebut Jokowi menjadi suatu upaya Pemerintah untuk terus mendorong penguatan Indonesia di industri teknologi, di antaranya menyiapkan fasilitas pengujian perangkat berstandardisasi internasional yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, hingga menjadi pusat inovasi dan penelitian. “Dengan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), akan menggandeng perguruan tinggi, startup, serta UMKM dalam mendorong riset paten dan sertifikasi produk lokal,” tambahnya seperti dikutip MANADONES dalam laman resmi Jokowi di media sosial. (widya defita)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *