Liando sebut Pemecatan Hasyim Tidak Berpengaruh pada Tahapan Pilkada

Pengamat Kepemiluan Dr Ferry Liando MSi.

MANADO, 4 JULI 2024 – Hasil Sidang Putusan Nomor Perkara 90-PKE-DKPP/V/2024 di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap untuk Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari terkait kasus dugaan asusila, siang kemarin di Jakarta, tidak akan mempengaruhi tahapan pilkada 2024 yang sedang berjalan.

 

Bacaan Lainnya

Ini dikatakan oleh pengamat kepemiluan, Dr Ferry Liando MSi pada MANADONES. “Saya tidak meliihat adanya pengaruh sanksi pemecatan ini pada tahapan pemilu 2024 ataupun tahapan pilkada 2024. Tetapi pemecatan itu akan mengganggu pada kepercayaan publik terhadap lembaga KPU. Untuk mengembalikan kepercayaan itu akan membutuhkan waktu yang lama,” jelas Liando.

Baca juga  Hasil SBMPTN Resmi Diumumkan LTMPT

 

Walau begitu, menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini, hal positif dan integritas masihterlihat dari pejabat KPU RI lainnya. “Semoga dengan reputasi mereka yang masih terjada, mereka  akan dengan cepat mengembalikan keadaan,” ungkapnya, sembari menyebut  keyakinan tingginya pada Plt Ketua KPU RI yang baru ditunjuk siang tadi, Muhamad Afifudin. “Saya kenal baik dengan Plt Ketua KPU RI, Muhamad Afifudin. Beliau sangat menjujung tingggi integritas, sehingga saya optimis kepercayaan publik terhadap KPU RI akan kembali pulih,” tambahnya. (gracey wakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *