Kampung Petta Timur Resmi jadi Kampung Bahari Nusantara

TAHUNA, 5 DESEMBER 2023 – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, meresmikan Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai Kampung Bahari Nusantara TNI AL, siang kemarin (04/12).

 

Bacaan Lainnya

Parsops Lanal Tahuna, Mayor Laut ( P) Wartokhid, saat membacakan sambutan tertulis Danlanal Tahuna mengatakan, Kampung Bahari Nusantara merupakan program berkelanjutan dari TNI Angkatan Laut, untuk mendukung program pemerintah pusat menuju kejayaan maritim dan membangun negara melalui pesisir. Diterangkannya, Kampung Petta Timur masih dapat dikembangkan sumber daya hutan mangrove yang dapat dijadikan sebagai sarana protein dan pariwisata yang mampu menunjang pendapatan masyarakat setempat. “Besar harapan kami dengan peresmian Kampung Bahari Nusantara di Kampung Petta Timur ini menjadi Kampung Percontohan bagi kampung-kampung desa pesisir lainnya yang ada di Kepulauan Sangihe,” kata Parsops Wartokhid.

Baca juga  Pj Bupati Sangihe Harapkan Kehadiran PNM Unit Meekar Tahuna Bantu Ekonomi Warga

 

Parsops juga menjelaskan, program Kampung Bahari Nusantara yang dikelola oleh setiap pangkalan utama TNI Angkatan Laut dan pangkalan TNI Angkatan Laut, merupakan salah satu upaya TNI Aangkatan Laut untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pesisir Kampung Bahari Nusantara yang terbagi dalam 5 custer, yaitu cluster ekonomi, cluster pariwisata, cluster pendidikan kelas 8 dan cluster pertahanan. Sementara itu, dijadikannya Kampung Petta Timur sebagai Kampung Bahari Nusantara selain merupakan percontohan bagi seluruh kampung yang ada di wilayah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe yang dalam rangka pengelolaan sumber daya kelautan dan pariwisata, juga menjadi pilot project untuk kemudian dikembangkan di kampung lainnya.

Baca juga  Upacara Adat Tulude Sukses di Gelar Peranan Kaum Milenial Sangihe Luar Biasa

 

Adapun didirikannya Kampung Bahari Nusantara di Kampung Petta Timur, merupakan salah satu sinergitas Lanal Tahuna dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan peran serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat beserta seluruh komponen dan lembaga pemerintah yang ada di Kampung Petta Timur. Terlihat hadir, Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan, Asisten I Pemkab Sangihe Johanis Pilat, Kapolsek Tabukan Utara, Babinsa Koramil-07 Kodim 1301/Sangihe, Kawilker Pelabuhan Petta Yusuf Balirangeng ST, Camat Tabukan Utara SY. Nampe, Kapitalauang Petta Timur Irwanto Adilang, Jalasenastri Cabang 5 Korcab VIII, serta para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Petta Timur. (Ryansengala)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *